Proyek Revitalisasi Pasar Cisalak Akan Segera Dilakukan

Proyek Revitalisasi Pasar Cisalak Akan Segera Dilakukan

HarianDepok.com – Berita – Cimanggis , Program revitalisasi gedung Pasar Cisalak yang berlokasi di Jalan Raya Bogor, Depok, Jawa Barat yang sampai saat ini masih menjadi kontroversi antara Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dengan Serikat Pedagang Pasar Cisalak saat ini pengerjaannya akan tetap dilakukan.

Hal ini disebabkan oleh adanya rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Depok untuk menjadikan pasar pasar tradisional yang ada di seluruh wilayah kota Depok yang biasanya semrawut dan macet menjadi tertata baik dan rapih sehingga dapat mengangkat perekonomian kota Depok.

Kepala Dinas Tata Ruang dan Pemukiman (Distarkim) kota Depok, Kania Parwanti dalam tanggapannya mengenai perihal tersebut mengatakan, bahwa proyek revitalisasi tersebut akan terus berjalan meski mendapatkan protes dari para pedagang di pasar tersebut. Pasalnya, program revitalisasi tersebut sangatlah penting guna menunjang sarana gedung Pasar Cisalak yang pada beberapa waktu yang lalu sempat terjadi kebakaran hebat.

“Jika tidak ada halangan, program revitalisasi Pasar Cisalak akan terus berjalan dan rencananya akan dimulai kembali pengerjaannya oleh pihak kontraktor yang telah memenangkan tender proyek pada minggu awal bulan Agustus tahun ini,” tuturnya di Depok, Jum’at (24/07/2015).

Diketahui bahwa dalam surat pengumuman ULP Depok nomor 219/013/P-III/ULP/VII/2015 tertanggal 08/07/2015 menyebutkan dan menetapkan bahwa PT Brantas Abipraya (Persero) sebagai pemenang lelang proyek revitalisasi Pasar Cisalak. Dalam surat tersebut juga tercatat nilai kesepakatan proyek revitalisasi antara Pemkot Depok dengan PT Brantas Abipraya yaitu sebesar Rp.82 miliar.

Dari keterangan Kania, bahwa rencana yang telah disusunnya untuk kegiatan revitalisasi Pasar Cisalak diatas lahan dua hektar lebih ini akan rampung pada akhir tahun 2015 dan akan dapat dioperasikan kembali pada awal tahun 2016 mendatang. “Rencana sudah dibuat dan diharapkan akan selesai pada akhir tahun ini dan bisa dioperasikan kembali pada awal tahun 2016 nanti. Semua usaha ini kami lakukan untuk memperindah dan membuat nyaman para pengunjung yanv berbelanja di Pasar Cisalak,” tuturnya.

Untuk teknis pelaksanaannya dilapangan proyek revitalisasi tersebut akan mengalihkan sementara waktu seluruh pedagang yang ada di pasar tersebut ke lokasi berdagang sementara yang bertempat di Lapangan Radar Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI), Cimanggis yang tempatnya tidak terlalu jauh dari Pasar Cisalak.

Namun, upaya Pemkot Depok tersebut masih mendapatkan penolakan dari para pedagang Pasar Cisalak yang berusaha mempertahankan keberadaannya di Pasar tersebut meski akan dilakukan pengerjaan revitalisasi. Namun Pemkot Depok mengaku akan tetap melakukan proyek tersebut.

“Kami sudah memberikan solusi kepada para pedagang untuk pindah dulu sementara waktu ke Lapangan AURI selama pengerjaan revitalisasi berlangsung dan setelah itu barulah mereka akan dipindahkan kembali ke Pasar Cisalak untuk ditempatkan di tempat yang lebih baik dan tertata. Jadi tetap, untuk pengerjaan akan terus dilakukan,” ujarnya.

Seperti yang diketahui bahwa, ribuan pedagang Pasar Cisalak pada beberapa waktu yang lalu mengajukan penolakannya terhadap relokasi yang dilakukan oleh Pemkot Depok dikarenakan akan menurunkan pendapatan mereka ketimbang di Pasar Cisalak. Hingga sampai saat ini, penolakan terhadap relokasi tersebut masih terus disuarakan oleh para pedagang Pasar Cisalak.(Izl)

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)