Upaya Normalisasi Situ Oleh Pemkot Depok, Mendapatkan Kendala Teknis di Lapangannya

Upaya Normalisasi Situ Oleh Pemkot Depok, Mendapatkan Kendala Teknis di Lapangannya

HarianDepok.com – Berita – Pancoran Mas , Upaya normalisasi yang dilakukan oleh Pemerintah kota (Pemkot) Depok di beberapa situ yang ada di wilayah kota Depok masih terus dilakukan. Hal ini disampaikan langsung oleh Seksi Pembangunan Bidang Sumber Daya Air Kota Depok yang mengatakan bahwa untuk program normalisasi di situ tersebut akan tetap dilakukan guna menjadikan seluruh situ yang ada di wilayah kota Depok menjadi resapan pada saat musim hujan tiba.

Kepala Seksi Pembangunan Bidang Sumber Daya Air Kota Depok, Bahtiar Ardiyansyah dalam menanggapi perihal tersebut mengatakan bahwa proyek normalisasi situ yang ada di wilayah kota Depok akan terus dilanjutkan dalam hitungan sebulan kedepan dan akan dimulai dari Situ Rawa Besar yang berlokasi di Jalan Kembang Lio, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat.

Dalam merealisasikan proyek normalisasi senilai Rp.1,5 miliar tersebut di Situ Rawa Besar pihaknya mengaku akan mendapatkan kendala dimana pada Situ terdapat keramba keramba liar yang dibangun oleh masyarakat sekitar masih berdiri dan ditolak untuk dibongkar sedangkan untuk pengerjaan normalisasi, keramba keramba tersebut harus dibongkar.

Hal ini menjadi dilema bagi pihaknya karena keramba liar yang diberdayakan langsung oleh masyarakat sekitar digunakan sebagai sarana mencari nafkah. Maka daripada itu hal tersebut masih menjadi satu kendala dimana hingga pada saat ini pembongkaran keramba di Situ Rawa Besar masih belum berhasil dilakukan.

“Pemerintah sebetulnya sampai saat ini tidak pernah mengizinkan ataupun memperbolehkan masyarakat mendirikan keramba keramba di atas Situ. Pada saat adanya kabar untuk membongkar, selalu mendapatkan perlawanan dari masyarakat untuk ditundanya wacana pembongkaran tersebut sampai panen tiba. Oleh sebab itu, proses pembongkaran dan proyek normalisasi belum dijalankan,” ucapnya, Jum’at (24/07/2015).

Menurutnya, keberadaan keramba liar yang ada di Situ sangat berpengaruh kepada sistem resapan air yang jika musim penghujan tiba, debit air akan melonjak dan bisa mengakibatkan banjir yang bisa merugikan banyak orang. Hingga kini, dirinya pun mengakui bahwa pemerintah belum dapat menyelesaikan perbedaan antara kepentingan pemerintah dengan masyarakat tersebut. Namun dirinya yakin bahwa rencana pemerintah dalam menciptakan resapan air di lahan hijaunya ini akan tetap berjalan meski dengan adanya kendala tersebut.(Izl)

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: