Hadirnya Pertalite Disebut Untuk Menutupi Kerugian Pertamina

Hadirnya Pertalite Disebut Untuk Menutupi Kerugian Pertamina

HarianDepok.com – Bisnis , Peluncuran Bahan Bakar Minyak (BBM) Jenis Baru, Pertalite yang sudah di tunggu kehadirannya sejak beberapa bulan lalu. Meskipun menimbulkan sejumlah tanggapan serta pandangan yang berbeda dari berbagai pihak. Banyak juga yang beranggapan jika hal tersebut adalah cara Pertamina untuk menutupi kerugian dari penjualan Premium. Salah satu pihak yang beranggapan seperti itu adalah Marwan Batubara, seorang Pengamat Kebijakan Energi-IRESS. Menurut dia saat ini Pertamina sedang merugi, akibat dari dominasi pemerintah dalam menetapkan harga jual Premium.

Padahal pemerintah sudah memutuskan dihapuskannya subsidi untuk Premium serta harganya yang akan mengikuti kondisi pasar. Marwan mengungkapkan, bahwa Pertalite yang memiliki kandungan RON90 adalah BBM nonsubsidi yang penetapan harganya dipegang sepenuhnya oleh Pertamina. Sebab Pertalite bukanlah jenis BBM yang termasuk dalam Perpres No.191/2014 tentang perhitungan harga BBM. Marwan menambahkan, sementara kerugian Pertamina nampak jelas dari keputusan Pemerintah yang enggan menaikan harga Premium beberapa waktu lalu.

Padahal beberapa bulan lalu dengan melihat komponen penentuan harga, seharusnya harga Premium mengalami kenaikan, tetapi Pemerintah lebih memilih untuk mengorbankan keuntungan Pertamina daripada menaikan harga Premium. Sebab itu, seharusnya pemerintah dapat bersikap konsisten dan jantan dalam menentukan harga Premium. bila perlu Pemerintah dapat membuka cara perhitungan harga jual Premium ke masyarakat setiap kali ada perubahan.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: