Usai Lebaran, DKP Depok Gelar Kembali Operasi ‘Embun Pagi’

Usai Lebaran, DKP Depok Gelar Kembali Operasi 'Embun Pagi'

HarianDepok.com – Berita , Pemerintah kota (Pemkot) Depok dalam menangani permasalahan sampah liar dikotanya sampai saat ini masih terus dilakukan penanganannya dengan melibatkan beberapa perangkat daerah dan instansi luar daerah untuk menjadikan kota Depok yang bersih, nyaman dan ramah lingkungan.

Beberapa kegiatan yang telah dilakukannya untuk menangani permasalahan sampah di wilayah kota Depok diantaranya yaitu, pemasangan kamera tersembunyi (CCTV) di beberapa lokasi terindikasi adanya kegiatan pembuangan sampah liar, pengolahan sampah yang bekerjasama dengan Pemerintah Jepang dan pembentukan tim khusus buru sergap penanganan sampah.

Dari beberapa kegiatan tersebut, Pemerintah kota (Pemkot) Depok telah berhasil mengurangi beberapa persen volume sampah liar di wilayahnya dan menangkap ratusan pelaku pembuang sampah liar yang melakukan aksinya di tempat tempat umum di wilayah kota Depok.

Sampai saat ini, seluruh program dan kegiatan kegiatan tersebut masih terus dilakukan Pemkot Depok guna menciptakan lingkungan kota Depok yang indah dan terbebas dari sampah.

Usai lebaran tahun 2015 ini, Pemkot Depok dalam konsistensinya memberantas samoah liar di wilayahnya saat ini kembali melakukan operasi tangkap tangan pembuang sampah liar yang dilakukan oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) kota Depok sebagai eksekutornya dilapangan dan dibantu oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang lainnya.

Dalam operasi yang digelar oleh DKP kota Depok saat ini, diberi nama ‘Embun Pagi’ yang berfokus kepada penangkapan para pelaku pembuang sampah liar di wilayah kota Depok. Dari operasi yang digelarnya di beberapa lokasi terindikasi adanya pembuang sampah liar tersebut, petugas berhasil menangkap ratusan pembuang sampah liar yang langsung digiring petugas untuk menjalani sidang si Pengadilan Negeri Kota Depok.

Kepala Bidang Pelayanan Sampah Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Depok, Kusumo dalam menanggapi hal tersebut mengatakan, pihaknya akan terus melakukan kegiatan operasi yang sama di seluruh wilayah kota Depok yang pada waktu operasi tersebut akan dimulai sejak pukul 11 malam hari sampai pukul 06 pagi hari.

“Usa lebaran ini, kami akan kembali melakukan operasi terhadap pembuang sampah liar yang masih bandel melakukan aksinya di wilayah Depok. Ini sebagai usaha kami untuk menjadikan Depok bersih dari adanya kegiatan pembuangan sampah liar,” tuturnya.

Menurut keterangannya, dari sekian banyak para pelaku pembuang sampah liar yang melakukan aksinya di wilayah kota Depok saat ini, sebanyak 30 persennya adalah bukan masyarakat Depok. Ini membuktikan bahwa sampah yang ada di Depok masih dibebani dengan sampah liar dari kota lain.

Kusumo pun mengungkapkan bahwa para pelaku pembuang sampah liar yang tertangkap akan langsung digiring ke Pengadilan Negeri Kota Depok tanpa adanya lagi terguran ataupun peringatan. ” peringatan dan himbauan sudah kami lakukan sejak dulu, jadi sudah tidak ada lagi teguran ataupun peringatan, langsung kita giring ke Pengadilan,” katanya.

Dari keterangannya saat ini, kebanyakan para pelaku pembuang sampah liar yang ditangkapnya pada saat itu ditangkap di beberapa lokasi yaitu di Jalan Margonda Raya, Jalan Raya Bogor dan Jalan Dewi Sartika.(Izl)

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: