Akibat Longsornya Tebing Air Terjun Sedudo, 3 Tewas dan 16 Luka-Luka

Akibat Longsornya Tebing Air Terjun Sedudo, 3 Tewas dan 16 Luka-Luka

foto : detik.com

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Akibat tebing longsor di wisata Air Terjun Sedudo yang berlokasi di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, menyebabkan tiga orang tewas dan 11 orang mengalami luka-luka dan harus dilarikan ke rumah sakit terdekat. Longsor terjadi saat itu sekitar pukul 16.00 WIB dan pemandian Air Terjun Sedudo pun sedang ramai pengunjung. Menurut laporan dari Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur, musibah itu terjadi dari ketinggian 105 meter.

Seperti yang dikatakan Sudarmawan, Kepala BPBD Jatim, Selasa (21/07/2105), “Material longsor tersebut adalah berupa pohon dengan berdiameter 0,15 meter yang disertai dengan batu berdiameter sekitar 10 senti meter. Dan kejadian ini pun mengakibatkan tiga orang meninggal dunia, dan 5 orang luka berat serta 11 luka ringan,” tuturnya. Para korban tersebut merupakan pengunjung wisata Air Terjun Sedudo. Korban tewas akibat tertimpa material longsor tersebut, sedangkan pengunjung yang selamat,

sempat berlari ketika longsor tersebut terjadi. “Sekitar pukul 16.30 WIB korban sudah dievakuasi ke RSUD NGanjuk,” ujarnya. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, Air Terjun Sedudo dipercaya mempunyai khasiat dapat menjadikan awet muda. Air terjun tersebut konon dipercaya sebagai air suci yang mengalir dari kahyangan.

Tidak heran jika zaman dahulu banyak bangsawan Majapahit dan raja yang memakai air terjun ini sebagai ritual suci seperti memandikan benda pusaka dalam upacar Parna Prahista. Kemudian Air dari sisa pemandian tersebut dipercik-percikkan yang dipercaya bakal mendatangkan keselamatan dan berkah. Air Terjun Sedudo juga ramai dikunjungi masyarakat pada malam 1 Suro penanggalan Jawa.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok