Arus Balik H+4 Lebaran, Jalur Selatan Tasikmalaya via Singaparna Macet 15 Kilometer

Arus Balik H+4 Lebaran, Jalur Selatan Tasikmalaya via Singaparna Macet 15 Kilometer

foto : beritasatu.com

HarianDepok.com – Info Arus Balik , Pada arus balik H+4 Lebaran, Jalur alternatif selatan Tasikmalaya yang melalui jalan Singaparna mengalami kemacetan nyaris sepanjang 15 kilometer pada siang tadi, Selasa (21/07/2015). Diduga akibat diberlakukannya pengalihan arus dari jalur utama Selatan yang melalui jalur Gentong sejak siang kemarin sehingga terjadi kepadatan arus kendaraan di jalur tersebut. Seperti yang dikutip Kompas.com, arus balik kendaraan yang datang dari arah Timur menuju arah Barat terus menerus mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Apalagi akibat adanya pengalihan arus dari daerah Ciamis dan Banjar yang menuju Tasikmalaya. Hal tersebut dilakukan karena Ciamis-Gentong yang melalui Cihaurbeuti sudah dipadati oleh kendaraan para pemudik sejak Senin (20/07/2015) siang kemarin. Sementara di jalur Lingkar Gentong akibat membeludaknya kendaraan dari arah timur menuju arah barat dengan tujuan Bandung dan Jakarta sejak siang tadi sudah mulai diberlakukan sistem buka tutup jalan.

Sedangkan jalur alternatif Tasik-Garut yang melalui Singaparna mulai dari Terminal Lama Cilembang, Kota Tasikmalaya hingga ke arah Mangunreja, Kabupaten Tasikmalaya sudah dipadati kendaraan pemudik. Para petugas mengalihkan semua kendaraan ke arah Kota Tasikmalaya tepat di Pertigaan Karangresik, Ciamis, sebab jalur utama Selatan yang melalui Gentong sudah mengalami kemacetan.

Sedangkan menurut AKP Asep, Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Tasikmalaya menyebutkan, kepadatan di jalur ini diakibatkan karena adanya pengalihan arus lalu lintas dari arah Ciamis ke Singaparna. Tetapi, hingga saat ini ia masih terus berupaya mengurai kemacetan dengan sejumlah jalan alternatif di wilayah Cipasung, Singaparna dan Mangunreja, Kabupaten Tasikmalaya. “Akibat padatnya kendaraan kita upayakan untuk terus melakukan penguraian dengan jalur alternatif,” ungkapnya.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok