H+4 Lebaran Puncaknya Arus Balik, Tol Cipali Macet Hingga 20 Kilometer

H+4 Lebaran Puncaknya Arus Balik, Tol Cipali Macet Hingga 20 Kilometer

foto : viva.co.id

HarianDepok.com – Info Arus Balik , Arus balik pada H+4 Lebaran, Selasa (21/07/2015) mencapai puncaknya. Nampak di pintu gerbang utama Cikopo, Purwakarta, arus kendaraan mengalami kemacetan sampai 20 kilometer. Seperti yang dikutip Tempo.com, Selasa  (21/07/2015), walaupun PT Lintas Marga Sedaya (LMS) telah membuka 15 gardu pembayaran dan pengambilan kartu terusan untuk masuk ruas tol Cikampek-Jakarta, namun arus kendaraan tetap saja tidak dapat terhindar dari kemacetan.

Dikabarkan kemacetan mulai terjadi pada Kilometer 77 atau pintu gerbang utama Cikopo, hingga Kilometer 98 dekat pintu keluar Kaliangsana, Kalijati, kabupaten Subang. Seperti yang dikatakan Ajun Komisaris Ridwan, Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Subang,  “Karena itu, kami menyarankan agar semua kendaraan yang akan menuju arah Jakarta, apabila tidak ingin terjebak dalam kemacetan, diminta untuk keluar di pintu keluar tol Kalijati saja,” tuturnya.

Saran tersebut sama seperti yang disampaikan oleh Hudaya Ariyanto yang merupakan Wakil Direktur Utama PT Lintas Marga Sedaya, “Gerbang tol Cikopo memang sudah overload,” ujarnya. Setelah keluar dari gerbang tol Kalijati, di pertigaan Kalijati, pengendara diminta untuk langsung belok kanan menuju arah jalur arteri Cipeundeuy-Sadang dan langsung masuk ke gerbang tol Sadang dan bablas menuju arah Jakarta.

Para pemudik juga dapat keluar dari gerbang tol Cilameri, Subang kota menuju jalur tengah Subang-Kalijati-Sadang dan masuk Jakarta melalui Sadang. Ridwan memprediksi bahwa puncak arus balik bakal terjadi sepanjang Selasa sore sampai Rabu pagi, atau 21-22 Juli 2015. Ia pun menjelaskan, “Masa libur bersama akan habis hari ini (Selasa, 21/07/2015) dan besok para karyawan, terutama untuk PNS, sudah harus mulai masuk kerja,” ucapnya.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: