Arus Balik Jalur Selatan H+3 Lebaran Padat Merayap

Arus Balik Jalur Selatan H+3 Lebaran Padat Merayap

foto : kompas.com

HarianDepok.com – Info Arus Balik , Memasuki H+3 Lebaran, Senin (20/07/2015) arus balik di jalur selatan yang melalui jalur Limbangan, Kabupaten Garut mengalami macet. Petugas kepolisian pun langsung menerapkan rekayasa lalu lintas. Pada Senin (20/07/2015) sekitar pukul 16.15 WIB sampai 17.00 WIB tepatnya pada Km 45, jalan raya Limbangan, Garut, petugas lalu lintas mulai menerapkan sistem buka tutup jalan (one way) . Sehingga menyebabkan antrean kendaraan dari arah barat menuju timur mengular cukup panjang.

Sedangkan volume kendaraan dari arah Garut ke Tasikmalaya yang menuju Bandung semakin membeludak. Menurut Dani Ramdani yang juga merupakan salah satu petugas lalu lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Garut mengungkapkan, antrean kendaraan dari arah Tasikmalaya yang menuju arah Bandung mengular hingga sekitar 1,5 km. Ekor kemacetan pun berada di sekitaran terminal Limbangan hingga memasuki jalan lingkar Nagreg.

“Kami memberlakukan one way karena memang volume kendaraan dari arah Tasikmalaya sudah tidak tertampung,” ucapnya di sela kesibukannya mengamankan lalu lintas di Jalan Limbangan, Km 45, Senin (20/07/2015). Menurut Dani, rekayasa lalu lintas dengan sistem buka tutup jalan tersebut terpaksa diterapkan guna mengurai kemacetan yang disebabkan dengan mulai ramainya arus balik pada H-3 lebaran dari arah Tasikmalaya yang menuju arah Bandung melewati jalur Limbangan.

“Lamanya one way ini akan kami sesuaikan dengan jumlah volume kendaraan yang berasal dari arah barat, jika sudah menumpuk baru kita akan buka lagi,” tuturnya. Menurut hasil data perhitungan arus lalu lintas angkutan lebaran 2015, Dinas Perhubungan, Kabupaten Garut, tercatat volume kendaraan dari arah timur menuju arah barat pada H+3, mengalami kenaikan sebesar 2,69 persen dari hari sebelumnya. Kendaraan roda dua pun tetap mendominasi pada H+3 lebaran ini.

[ MuhammadKhotib/HD

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok