Akhirnya Nenek 100 Tahun Ini Bisa Membaca

akhirnya-nenek-100-tahun-ini-bisa-membaca

HarianDepok.com – Berita Unik – Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Hal ini rasanya pas ditujukan bagi Zhao Shun, nenek di Hangzhou, Provinsi Zhejian, China yang akhirnya dapat membaca untuk pertama kali selama 100 tahun hidupnya.

Menurut penuturan Zhao, dirinya tidak pernah menuntut ilmu secara formal di bangku sekolah. Dan selama hidupnya, Zhao hanya dapat membaca tulisan namanya saja.

“Ketidakmampuannya dalam membaca selalu menghantui hidupnya, setelah belajar intensif selama 10 hari dalam program melek aksara oleh Komunitas Sanbao, akhirnya apa yang ia cita-citakan dapat terwujud,” ucap anak Zhao, seperti dikutip laman Shanghaiist, Rabu, (16/7).

Biasanya, nenek satu abad ini mengisi kesehariannya dengan berjualan sayur. Di sela aktivitas berjualannya, Zhao tidak pernah bolos dalam kelas membaca yang diadakan dua jam setiap harinya.

Zhao berusaha keras belajar membaca selama 10 hari penuh, dan akhirnya dapat meraih gelar diploma aksara karena dapat lulus ujian dalam mengingat 100 jenis karakter huruf China.

“Ibu saya mengerti bagaimana kerasnya hidup dapat dilewati jika kita dapat membaca. Itulah sebabnya mengapa ibu sangat ingin jika kita (anak-anaknya) harus mendapat pendidikan setinggi-tingginya terlepas beban ekonomi keluarga yang dipikulnya,” ucap anak tertua Zhao yang bergelar sarjana kepada wartawan.

[Irma wulandari/HD]

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer