Pengadilan China Hadiahkan Rp 146,8 Juta Untuk Pencuri Ponsel

pengadilan-china-hadiahkan-rp-1468-juta-untuk-pencuri-ponsel

HarianDepok.com – Berita Unik – Sebuah Pengadilan di China menjatuhkan vonis sanksi wajib bayar sebesar 70 ribu yuan (setara Rp 146,8 juta) kepada tertuduh pelaku pencurian telepon seluler yang beraksi Februari lalu.

Tidak hanya itu, si maling ini yang bernama Zeng, juga mendapat ‘hadiah’ percobaan selama tiga bulan alih-alih dipenjara.

Dikutip dari Channel News Asia, Rabu, (15/7), pria yang jadi korban bernama Yuan menangkap basah Zeng ketika berusaha mencuri ponselnya.

Zeng yang terangkap tangan sedang melakukan aksi tersebut berhasil dibekuk oleh Yuan dan dua temannya.

Namun, aksi yang terjadi di Dongguan ini tidak langsung dilaporkan Yuan kepada pihak berwajib.

Zeng yang mendapat sejumlah luka akibat dibekuk Yuan, dkk. memanfaatkan keadaan ini untuk mengadukan perbuatan Yuan ke polisi.

Kesaksian Yuan di Pengadilan Sipil No.3 Dongguan berujung pahit, apa yang disampaikan malah dinilai sebagai aksi main hakim sendiri, seperti yang diberitakan koran setempat, the Global Times.

Di China, kota Dongguan memang terkenal sebagai kotanya para pendosa. Partai Komunis China juga menekankan untuk lebih memperketat aturan hukum dan sistem pengadilan.

Diketahui Yuan tidak berusaha melakukan banding dan hinggga berita ini diturunkan, tidak ada kabar lanjutan yang melaporkan kelanjutan nasib Zeng terkait aksi pencuriannya.

[Irma wulandari/HD]

 

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer