Penangkapan Ikan Dengan Racun Di Kali Ciliwung Depok Kerap Terjadi

Penangkapan Ikan Dengan Racun Di Kali Ciliwung Depok Kerap Terjadi

HarianDepok.com – Berita – PancoranMas , Aliran sungai Ciliwung yang saat ini masih terus dibersihkan oleh Komunitas Para Pecinta Kali Ciliwung dan TNI kota Depok secara berkala guna menjaga kebersihan dan ekosistemnya, kini dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dengan menangkap sejumlah ikan hasil dari budidaya para pemerhati lingkungan Kali Ciliwung dengan cara menerbarkan racun ke dalam aliran sungai tersebut.

Diketahui bahwa peristiwa tersebut terjadi di lingkungan RT 05 Kelurahan Ratujaya, Depok, Jawa Barat, dengan bukti ditemukannya ikan ikan yang mati oleh warga sekitar di sisi sungai Kali Ciliwung.

Ketua RW 05, Kelurahan Ratujaya, Depok, Jawa Barat, Muhamad Fajar saat dikonfirmasi mengenai kebenaran peristiwa tersebut mengaku bahwa memang baru baru ini wilayahnya kerap ditemukan ikan yang mati akibat keracunan. Hal ini langsung segera ditanggapinya dengan melakukan kegiatan pengamanan berupa siskamling oleh warga sekitar.

“Kami kerap mendapati ikan ikan yang mati di sekitaran Kali Ciliwung, menurut keterangan dari warga, bahwa di wilayah ini ada sekelompok orang yang melakukan kegiatan penangkapan ikan dengan cara menabur racun kedalam aliran Kali Ciliwung. Oleh sebab itu, kami langsung melakukan ronda untuk menangkap si pelaku,” tuturnya di Depok, Senin (13/07/2015).

Dari hasil kegiatan Siskamling denhan swadaya masyarakat ini, warga berhasil menemukan kegiatan ilegal tersebut pada malam hari. Namun dikarenakan kondisi lingkungan yang gelap akhirnya para pelaku berhasil kabur dari kejaran warga.

“Saat kami hendak menangkap para pelaku, pelaku dengan cepat langsung menghindar dan mengelabui warga yang akhirnya mereka berhasil kabur,” katanya.

Dari hasil pengejaran tersebut, warga menemukan sedikitnya ada beberapa karung berisi ikan hasil tangkapan si pelaku yang diduga seberat puluhan kilogram. “Saat hendak dikejar para pelaku berhasil melarikan diri, namun kami berhasil mendapati bukti puluhan kilogramnikan mati yang dikumpulkan di beberapa karung oleh si pelaku,” tuturnya.

Sampai saat ini, penjagaan di aliran Kali Ciliwung masih terus dilakukan oleh warga. Dengan banyaknya ikan yang diracun oleh orang yang tak bertanggung jawab tersebut, Fajar berharap akan adanya respon dari Pemerintah Kota (Pemkot) Depok agar segera menangani kasus pencemaran ini.

“Saya berharap kepada Pemkot Depok untuk mau turum tangan dalam melakukan tindakan pengamanan dan penangkapan para pelaku penangkap ikan liar yang ada di wilayah ini, agar jangan sampai ekosistem di Kali Ciliwung ini dapar terjaga,” tandasnya.(Izl)

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: