H-1 Lebaran, Pintu Keluar Tol Cipali Hingga Jalur Selatan Macet Parah

H-1 Lebaran, Pintu Keluar Tol Cipali Hingga Jalur Selatan Macet Parah

HarianDepok.com – Info Mudik , Terjadi antrean panjang kendaraan pemudik lebaran di ruas jalan perempatan Palimanan, Cirebon, Jawa Barat yang menjadi titik temu arus kendaraan dari jalur Pantura dan arah tengah. Nampak pada Rabu (15/07/2015) malam, sepeda motor dan mobil terjebak kemacetan sehingga berjalan merayap. Akibat banyaknya kendaraan yang berputar arah dan kendaraan yang terparkir di badan jalan membuat jalan semakin menyempit, sehingga kemacetan pun menjadi parah.

Kebanyakan pemudik berusaha menghindari macet yang terjadi di ruas Tol Cipali (Cikopo-Palimanan) dengan melintasi ruas jalur pantura. Di jalur selatan tepatnya di Ciamis, Jawa Barat juga terjadi kemacetan di Pertigaan Sindangkasih. Pertigaan ini memang kerap macet bila memasuki masa mudik lebaran, sebab jalan tersebut merupakan pertemuan arus mudik dari arah Garut dan Gentong, Jawa Barat. Jalan yang seharusnya dapat dibagi menjadi 3 jalur terpaksa dijadikan 1 jalur, sehingga membuat antrean kendaraan memanjang.

Menjelang puncak arus mudik, situasi seperti ini diprediksi akan semakin parah. Peningkatan arus mudik yang melintasi jalur selatan sudah meningkat sejak H-3 lebaran. Sedangkan arus kendaraan yang melintasi jalur Pantura, Tegal, Jawa Tengah sejak malam tadi juga mengalami peningkatan. Kepadatan juga terjadi di jalan Pantura Kaligangsa, Tegal, dikarenakan adanya pertemuan jalur dari arah Brebes, Jawa Tengah. Akibat banyaknya kendaraan yang keluar masuk di SPBU Kaligangsa dan SPBU Dampyak, sehingga di beberapa titik juga terjadi antrean kendaraan.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok