Menhub : Arus Mudik Tahun Ini Lebih Teratur Dan Semua Moda Transportasi Berjalan Lancar

Menhub : Arus Mudik Tahun Ini Lebih Teratur Dan Semua Moda Transportasi Berjalan Lancar

HarianDepok.com – Info Mudik , Ignasius Jonan selaku Menteri Perhubungan menyatakan, arus Mudik Lebaran tahun ini lebih teratur sehingga memberikan kenyamanan bagi para Pemudik saat hendak pulang ke kampung halaman. Seperti yang dikatakan Menhub di depan Posko terpadu angkutan Lebaran Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin di Banjarbaru, Rabu (15/07/2015), “Arus Mudik lebih teratur, semua moda transportasi lancar,” ucapnya. Menhub berkunjung  ke Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam rangka memantau kelancaran arus Mudik-

di bandara setempat serta Pelabuhan Trisakti Bandarmasih di Kota Banjarmasin. Menurut Jonan, penerbangan di semua bandara di Indonesia terlihat lebih rapi dan sesuai dengan jadwal tanpa ada kendala, termasuk di Bandara Syamsudin Noor yang diwarnai oleh lonjakan penumpang. “Semua bandara diwarnai oleh lonjakan jumlah penumpang salah satunya Bandara Syamsudin yang mencapai hingga 8.333 orang pada H-3 atau Selasa (14/07/2015),” ujar Menhub.

Jonan mengungkapkan, walaupun bandara dipadati oleh calon penumpang, namun jadwal penerbangan baik yang berangkat ataupun datang masih tetap lancar. “Bandara Soekarno Hatta menjadi sangat sibuk dan padat penerbangan,hal serupa juga terjadi di Bandara Juanda Surabaya, namun semua jadwal penerbangan masih lancar dan berjalan normal,” ujarnya. Menhub juga mengatakan jika aktivitas kapal penyeberangan seperti dari Merak ke Bakauheni dan sebaliknya juga masih lancar.

Lalu, aktivitas di Pelabuhan Gilimanuk juga masih lancar dan normal dengan waktu tunggu kapal sekitar 15 menit sehingga tidak terjadi penumpukan penumpang ataupun barang. Kemudian jadwal perjalanan kereta api juga lancar, termasuk juga dengan terminal bus. Arus lalu lintas di jalan raya pada umumnya tertib dan lancar walaupun sesekali diwarnai kecelakaan lalu lintas. “Puncak arus Mudik di sejumlah daerah juga terjadi pada Selasa (14/07/2015) kemarin, sehingga sampai saat ini semua moda transportasi masih tetap lancar tanpa hambatan,” ujar Jonan.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: