Hadirnya Tol Cipali Sukses Kurangi Kemacetan Mudik Tahun Ini

Hadirnya Tol Cipali Sukses Kurangi Kemacetan Mudik Tahun Ini

HarianDepok.com – Info Mudik , Brigjen Sam Budigusdian selaku Wakil Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mengungkapkan bahwa Tol Cipali (Cikopo-Palimanan) berperan besar dalam mencegah kemacetan parah ketika  mudik Lebaran tahun ini. Tetapi, ia mengakui jika masih ada kepadatan lalu lintas di sejumlah titik. Tidak hanya Tol Cipali, kesigapan polisi polisi juga menjadi salah satu faktor pendukung lancarnya arus mudik tahun ini. Menurut Sam, karena sudah beberapa kali melakukan simulasi sehingga para petugas sudah siap dengan segala kemungkinan yang akan terjadi.

Seperti yang dikatakan Sam kepada Media Indonesia, Rabu (15/07/2015), “Seluruh kendaraan masih sangat mungkin diarahkan ke Tol Cipali meskipun kepadatan mencapai hingga di KM 72 Tol Cikampek. jika memang harus dibuang dari Tol Cipali, jalur Pantura masih akan tetap lancar,” ujarnya. Menurut Sam, Program mudik gratis juga memberikan kontribusi besar terhadap kelancaran arus mudik. Program yang dilaksanakan oleh sejumlah instansi baik swasta ataupun pemerintah sehingga membuat efektivitas berlalu lintas jadi meningkat.

“Tingkat keselamatan juga terjamin karena yang ikut mudik gratis menumpangi bus pariwisata yang bagus,” ujar Sam. Sementara di luar Jawa, Sam melaporkan, tidak ada peristiwa mencolok. Arus puncak di semua wilayah terjadi pada H-2 atau hari ini. Sam mengatakan, semua pemangku kepentingan, Polri, Kementerian Perhubungan, dan instansi terkait bisa melayani para pemudik dengan maksimal.

Berdasarkan data yang dipegang oleh Sam, sampai H-3, jumlah kecelakaan lalu lintas yang terjadi secara nasional ketika arus mudik terdapat 988 kejadian. Dan sebanyak 205 orang meninggal dunia, 350 mendapat luka berat, dan 1.127 luka ringan. Apabila dibandingkan dengan arus mudik tahun lalu, pada periode yang sama ada sekitar 1.190 kejadian dengan jumlah korban meninggal dunia sebanyak 267 orang. Luka berat ada 350 orang dan luka ringan sebanyak 1.286 orang.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok