Puncak Arus Mudik H-2, Titik Kemacetan Bakal Bergeser ke Tol Kanci

Puncak Arus Mudik H-2, Titik Kemacetan Bakal Bergeser ke Tol Kanci

foto : bewara.co

HarianDepok.com – Info Mudik , Jumlah pemudik yang melintasi jalur darat sudah mulai meningkat sejak Selasa (14/07/2015) sore hingga Rabu dini hari. Diprediksi puncak arus mudik bakal terjadi pada H-2 lebaran, Rabu (15/07/2015). Menurut Inspektur Jenderal Condro Kirono, Kepala Korps Lalu Lintas Markas Besar Kepolisian menyebutkan, peningkatan arus kendaraan paling tinggi bakal terjadi pada hari Rabu malam  bersamaan dengan dimulainya libur cuti bersama.

Condro menegaskan, diperkirakan pusat kemacetan berada di simpang Pejagan dan gerbang tol Brebes Timur sebagai satu-satunya akses keluar dari jalan tol Kanci-Pejagan. pasalnya, arus kendaraan dari jalan tol tersebut akan terhadang oleh perlintasan kereta api. Condro menambahkan, untuk menghindari kemacetan di lokasi tersebut, pihaknya akan melakukan pembagian arus kendaraan sejak dari tol Cipali (Cikopo-Palimanan).

“Karena pemudik yang menggunakan mobil dan bus akan melintasi tol Cipali (Cikopo-Palimanan), sehingga titik kemacetan pun akan bergeser ke pintu keluar tol plimanan hingga pintu masuk tol Kanci,” tuturnya. Condro melanjutkan, hingga kemarin arus kendaraan dari Jakarta masih didominasi oleh pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua.

Diprediksi pada Rabu malam nanti jumlah pemudik bermotor akan mengalami peningkatan sampai 2 juta orang yang melintasi jalur Pantura. Pusat kemacetan arus mudik sebelumnya terjadi di Simpang Jomin-Mutiara-Cikopo, Subang, Jawa Barat. Wilayah tersebut merupakan titik pertemuan antara kendaraan dari tol Cikampek yang akan menuju jalur Pantura dengan kendaraan yang hendak menuju ke jalur selatan Jawa.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: