Dishub Depok Kerahkan 150 Unit Bus Guna Mengantisipasi Mudik Lebaran Tahun Ini

Dishub Depok Kerahkan 150 Unit Bus Guna Mengantisipasi Mudik Lebaran Tahun Ini

Foto – WARTAKOTA-DEPOK

HarianDepok.com – Berita , Untuk mengantisipasi adanya kekurangan armada untuk menunjang kegiatan mudik lebaran di kota Depok, Dinas Perhubungan (Dishub) kota Depok telah menyiapkan bus bus cadangan sebanyak 150 unit yang akan mengantarkan para pemudik untuk tujuan pulau Jawa dan luar pulau Jawa. Sejumlah bus bus tersebut dikerahkan oleh Dishub kota Depok yang diambil dari sejumlah PO bus yang ada di wilayahnya.

Hal ini dimaksudkannya guna untuk mencegah adanya pembludakan calon pemudik yang akan melakukan mudiknya dengan menggunakan layanan jasa transportasi umum darat jenis bus yang biasa terjadi pada saat mendekati hari raya Idul Fitri.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) kota Depok, Gandara Budiana dalam menanggapi hal tersebut mengatakan, hal ini memang sengaja dilakukannya karena untuk mengantisipasi adanya kekurangan armada yang kerap terjadi saat mendekati hari raya Idul Fitri.

“Untuk mencover kekurangan armada bus mudik di kota Depok, kami telah menyiapkan sebanyak 150 unit armada yang akan mengantarkan para pemudik ke sejumlah daerah. Jika memang terjadi kekurangan, kami akan mengerahkan lagi beberapa unit yang kami ambil dari PO bus yang ada di kota Depok,” terangnya kepada media, Senin (13/07/2015).

Tak hanya sampai disitu saja, pihaknya pun juga akan melakukan beberapa tes kelayakan kepada para supir bus tersebut yang dimaksudkan untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan yang banyak disebabkan oleh supir yang ugal ugalan. Selain itu, pihaknya pun juga akan melakukan tes kesehatan yang akan meliputi kesehatan mata THT dan penyakit dalam kepada para supir.

“Untuk mengantisipasi adanya kejadian yang tidak diinginkan diperjalanan mudik nanti, kami akan melakukan beberapa pengecekan terhadap supir bus dengan melibatkan pihak Badan Narkotika Nasional (BNN) selaku tim pengujinya. Jangan sampai ada supir bus yang memakai narkoba, ini kan jelas bisa membahayakan para penumpang,” pungkasnya.

Di lain pihak, Kepala Sekai Angkutan Lalu Lintas Batas Dinas Perhubungan (Dishub) kota Depok, Zaini memperkirakan bahwa jumlah para calon pemudik di tahun ini terjadi penurunan yang disebabkan oleh banyaknya beberapa instansi pemerintah dan swasta yang menggelar mudik gratis pada lebaran tahun ini.

Meskipun demikian, guna mengantisipasi akan adanya lonjakan calon penumpang nanti dirinya pun juga sudah mempersiapkan armada tambahan dari PO bus yang ada, sehingga ketika terjadi lonjakan penumpang, maka akan dapat langsung teratasi.(Izl)

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: