Jalur Selatan Masih Normal Hingga H-4 Mudik Lebaran 2015

Jalur Selatan Masih Normal Hingga H-4 Mudik Lebaran 2015

HarianDepok.com – Info Mudik , Memasuki H-4 mudik lebaran 2015, kondisi lalu lintas jalur selatan melalui Nagreg, Kabupaten Bandung, terpantau masih ramai lancar. Menurut Ajun Komisaris Polisi Eko Munarianto, Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Bandung memprediksikan jika puncak arus mudik bakal terjadi antara H-3 dan H-2. Menurutnya, volume kendaraan yang melalui jalur Nagreg sejak H-5 sampai H-4 lebaran telah mengalami kenaikan sebesar 33,79 persen dari tahun sebelumnya.

“R-4 (kendaraan roda empat) ataupun R-2 (kendaraan roda dua) yang menuju arah timur itu ada sebanyak 65.986 kendaraan,” ujarnya. Berdasarkan dari data kepolisian, Eko mengatakan, jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor cenderung masih mendominasi jalur Nagreg. Kendaraan roda dua, lanjut Eko, mengalami peningkatan dari arus mudik tahun sebelumnya, yaitu sebesar 18,67 persen. “Jumlah kendaraan roda dua itu sebanyak 38.363 di H-4,” tutur Eko.

Eko menuturkan, akan tetapi kendaraan roda empat yang melewati jalur selatan Nagreg mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. yaitu sebesar 11,61 persen. “Jumlahnya sebanyak 27.623 kendaraan,” ucapnya. Eko melanjutkan, Hal tersebut karena sudah resmi dibukanya ruas Jalan Tol Cipali (Cikopo-Palimanan) di jalur utara Jawa Barat.

Walau demikian, Eko tetap menyarankan agar pemudik yang akan melalui jalur selatan untuk selalu waspada serta mengikuti petunjuk rambu-rambu lalu lintas. Karena jika volume kendaraan terus mengalami peningkatan, mungkin saja rekayasa lalu lintas akan mulai diberlakukan. “Kepada para pemudik harap hati-hati, kami pun akan tetap siaga untuk melakukan pengamanan,” ungkapnya.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok