630 Hansip Dikerahkan Untuk Amankan Wilayah Kota Depok

630 Hansip Dikerahkan Untuk Amankan Wilayah Kota Depok

HarianDepok.com – Berita , Untuk mengantisipasi adanya tindakan pencurian di rumah rumah yang ditinggal oleh si pemiliknya yang melakukan kegiatan mudik menjelang lebaran tahun ini, Pemerintah kota (Pemkot) Depok melalui instansinya tengah melakukan beberapa tindakan preventif dengan mengerahkan Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) alias Hansip yang akan difokuskan kepada pengamanan dan pengawasan di seluruh wilayahnya.

Diketahui bahwa, guna melakukan kegiatan tersebut, Pemkot Depok telah mengerahkan sekitar 630 Hansip se kota Depok yang akan ditempatkan di titik titik rawan akan tindakan pencurian.

Kepala Bidang Pemberdayaan dan Linmas, Ferry Birowo dalam keterangannya mengenai perihal tersebut mengatakan, kegiatan ini memang sengaja dilakukan dengan mengerahkan sejumlah Hansip yang ada di wilayah kota Depok guna mengamankan lingkungan dari aksi aksi pencurian yamg kerap terjadi saat menjelang lebaran.

“Nantinya ditiap Kelurahan akan ditempatkan sebanyak sepuluh orang untuk berjaga jaga dan mengawasi lingkungan sekitar untuk mencegah adanya tindakan pencurian yang sering terjadi saat menjelang lebaran,” tuturnya saat melakukan kegiatan Apel Linmas di Balaikota Depok, Jum’at (10/07/2015) kemarin.

Selain untuk berjaga jaga dan mengawasi keamanan di sekitar lingkungan, para Hansip tersebut juga akan disiagakan untuk mengantisipasi adanya kejadian kebakaran di sekitar lingkungan dan perumahan dengan melakukan himbauan kepada warga dan pengecekan ke beberapa rumah yang dianggap rawan akan terjadinya peristiwa tersebut.

Dengan diadakannya petugas Hansip untuk melakukan pengawasan dan pengamanan di lingkungan sekitar, diharapkan bisa membuat nyaman para pemudik yang meninggalkan rumahnya sehingga mereka tidak perlu khawatir lagi dengan adanya aksi aksi kejahatan dan peristiwa lainnya yang tidak diinginkan.

Meski demikian, Ferry pun juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Depok yang akan melakukan kegiatan mudik di tahun ini untuk melakukan pengecekan ulang seluruh peralatan elektroniknya agar tidak terhubung dengan listrik untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, Ferry pun juga meminta untuk menitipkan kunci rumahnya ke kerabat maupun ke tetangga terdekat untuk mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan. “Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk mengecek ulang peralatan elektronik dan kompor di rumah, jangan sampai tidak diamankan. Ini demi kebaikan dan keselamatan harta benda si pemudik,” ujarnya.

Untuk mengerahkan ratusan Hansip yang akan ditempatkan di seluruh Kelurahan di Depok ini, dirinya mengaku akan memberikan insentif sebesar Rp.150 ribu per orang sebagai tanda terimakasih karena telah memberikan kontribusinya untuk membantu pemerintah dalam mengamankan dan mengawasi lingkungan saat lebaran.(Izl)

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: