PMI Cabang Kota Depok, Kekurangan Stok Darah

Gedung PMI Cabang Depok diresmikan Walikota Depok

HarianDepok.com – Berita , Masyarakat kota Depok yang dilanda kesibukan saat menghadapi penerimaan siswa tahun ajaran baru dan menjelang hari raya Idul Fitri ini membuat beberapa sektor pelayanan masyarakat yang ada di kota Depok menjadi terbengkalai.

Beberapa pelayanan masyarakat yang kurang mendapati perhatian dari masyarakat akibat adanya kesibukan tersebut salah satunya adalah Palang Merah indonesia (PMI) Cabang Kota Depok yang beberapa waktu lalu baru diresmikan keberadaannya oleh Walikota Depok, Nur Mahmudi Ismail.

Kurangnya perhatian dari masyarakat kepada PMI yang dikarenakan adanya kesibukan tersebut menyebabkan stok darah PMI cabang kota Depok semakin menipis.

Kepala Seksi Administratif Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kota Depok, Imron Maulana dalam tanggapannya mengenai hal tersebut mengatakan bahwa memang saat ini pihaknya tengah menghadapi krisis stok darah yang disebabkan oleh kurangnya pasokan darah dari masyarakat yang saat ini tengah disibukkan dengan adanya kegiatan lebaran dan penerimaan siswa tahun ajaran baru.

“Ya memang, kami sedang menghasapi krisis stok darah. Ini adalah sangat wajar karena saat ini banyak masyarakat yang sedang disibukkan oleh hari raya Idul Fitri dan kegiatan penerimaan siswa tahun ajaran baru. Selain kedua hal itu juga kekurangan stok darah di kami juga dikarenakan oleh minimnya masyarakat yang mendonorkan darahnya di bulan puasa. Itu semua sudah menjadi hal yang wajar,” tuturnya di Depok, Sabtu (11/07/2015).

Imron pun menjelaskan bahwa untuk ketersediaan stok darah di kantor PMI Cabang Kota Depok saat ini diantaranya adalah, untuk PRC/WB sebanyak 87 kantong yang terdiri dari Golongan A sebanyak tiga kantong, Golongan B sebanyak 72 kantong, Golongan AB hanya ada dua kantong dan Golongan O tersisa 10 kantong.

Dan untuk Trombosit hanya terdapat 11 kantong yang terdiri dari, Golongan B sebanyak tujuh kantong, Golongan A sebanyak tiga kantong, Golongan AB tersisa satu kantong dan Golongan O stok habis.

Dari penjelasannya terhadap ketersediaan stoknya saat ini Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kota Depok bisa dikategorikan masuk kedalam peristiwa krisis stok darah. Meski demikian Imron yakin, krisis tersebut akan segera dapat teratasi pada saat kegiatan di hari raya Idul Fitri di tahun ini usai.

Meski demikian dirinya pun berharap akan adanya kegiatan sosial dari masyarakat untuk mendonorkan darahnya. Jika hal tersebut dilakukan, pastinya krisis stok darah di PMI Cabang Kota Depok akan cepat teratasi. “Saya yakin krisis stok darah di pihak kami akan cepat teratasi saat usainya kegiatan lebaran nanti,” katanya.(Izl)

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok