Hari Ini Google Doodle Peringati 40 Tahun Monas

Hari Ini Google Doodle Peringati 40 Tahun Monas

HarianDepok.com – Tekno , Tepatnya pada hari ini, Minggu (12/07/2015) mesin pencarian raksasa Google tengah memperingati ulang tahun Monumen Nasional (Monas) yang ke-40. Hal itu ditunjukan dengan adanya gambar monas yang nampak di Google Doodle. Dalam gambar tersebut kita dapat melihat proses pembuatan monumen tersebut dari mulai awal pembangunan hingga akhirnya terbentuk. Monas sendiri adalah lambang kota Jakarta. Lambang ini pun sudah dikenal baik oleh warga nasional ataupun internasional pasti menyebut jika Monas merupakan monumen yang terkenal dari Jakarta.

Awalnya pembagunan tugu Monas ini bertujuan untuk mengenang serta melestarikan perjuangan bangsa Indonesia pada masa revolusi kemerdekaan 1945, agar membangkitkan inspirasi dan semangat patriotisme generasi saat ini dan mendatang. Tugu monas ini mulai dibangun pada Agustus 1959, dan diarsiteki oleh Soedarsono dan Frederich Silaban, dengan konsultan Ir. Rooseno. Pada  17 Agustus 1961 Monas akhirnya diresmikan oleh Presiden RI Soekarno, dan Monas mulai resmi dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975.

Tugu Monas memiliki tinggi 137 m, yang menjulang tinggi serta melambangkan lingga (alu atau anatan) yang sarat dimensi khas budaya bangsa Indonesia. Semua pelataran cawan melambangkan Yoni (lumbung). Alu dan lumbung merupakan alat rumah tangga yang ada hampir di setiap rumah penduduk pribumi Indonesia. Diketahui Monas sudah lima kali mengalami penggantian nama, yakni Lapangan Gambir, Lapangan Ikada, Lapangan Merdeka, Lapangan Monas, dan terakhir Taman Monas. Di sekeliling tugu juga terdapat taman, dua buah kolam dan sejumlah lapangan terbuka sebagai sarana tempat berolahraga di hari-hari libur

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok