Banyuwangi Diguyur Hujan Abu dan Pasir Gunung Raung

Banyuwangi Diguyur Hujan Abu dan Pasir Gunung Raung

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Sejak Jumat (10/07/2015), Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, mulai diguyur hujan pasir halus berwarna hitam. Peristiwa alam ini terjadi sebagai dampak dari meningkatnya aktivitas vulkanik Gunung Raung yang terletak di perbatasan Kabupaten Jember, Banyuwangi, dan Bondowoso. Menurut Sutopo Purwo Nugroho, selaku Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), hujan pasir sudah sampai di pos pengamatan gunung api yang berada di Banyuwangi.

Tidak hanya itu, juga terjadi hujan abu tipis di sejumlah wilayah Banyuwangi, diantaranya seperti Kecamatan Licin, Kecamatan Wongsorejo, dan Kecamatan Kalipuro. “Sejak pukul 10.00 WIB pos pengamatan diguyur hujan pasir hitam. Hingga kini aktivitas vulkanik Gunung Raung masih tinggi. Terpantau ada tekanan lemah-sedang, asap putih-kelabu, dan erupsi berupa letusan abu dan lontaran material pijar yang dibarengi dengan suara gemuruh,” tutur Sutopo, Sabtu (09/07/2015).

Nampak asap yang tinggi disertai abu vulkanik dari Gunung Raung bergerak ke arah tenggara dari letak Gunung tersebut. Sampai saat ini, menurut Sutopo magma cair di bawah kawah Gunung Raung terpantau masih beraktivitas kuat. Sehingga BNPB pun masih memberlakukan status siaga di kawasan Gunung Raung.”Sudah dinyatakan dalam radius 3 kilometer menjadi zona terlarang karena cukup berbahaya bagi masyarakat terkena lava pijar,” tegas Sutopo.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok