Para Pelaku Usaha Retail di Depok Menjerit, Minat Masyarakat Menurun

Para Pelaku Usaha Retail di Depok Menjerit, Minat Masyarakat Menurun

HarianDepok.com – Berita , Pada pertengahan semester tahun ini, dirasakan cukup sulit oleh beberapa pengusaha ritel yang mengeluhkan adanya penurunan pendapatannya yang diakibatkan oleh beberapa faktor yang menjadikan minat pasar berkurang dan mengutamakan kebutuhan primer.

Dengan merosotnya pendapatan para pengusaha ritel ini, sangat berpengaruh sekali terhadap perkembangan perekonomian di jenis ritel yang semakin hari semakin melambat. Di kota Depok sendiri, hal tersebut juga sangat dirasakan oleh para pengusaha ritel yang mengaku hingga pertengahan tahun ini pendapatannya semakin menurun.

Deputy General Manager Margo City Depok, Christanto Nasution dalam menanggapi permasalahan tersebut mengatakan bahwa lambatnya perkembangan ekonomi di usaha jenis retail pada pertengah tahun ini lebih banyak disebabkan oleh adanya penahanan kebutuhan oleh masyarakat untuk lebih memprioritaskan kebutuhan primernya ketimbang sekunder.

“Usaha retail jenis Gadget ini memang sangat terasa sekali penurunannya di tahun ini. Lain halnya pada tahun sebelumnya yang pada saat itu perkembangan usaha ritelbmaauh berjalan normal karena animo masyarakat yang tinggi. Kalau tahun ini, banyak masyarakat yang masih menahan kebutuhan sekundernya dengan mengutamakan kebutuhan primernya. Hal ini yang menjadikan perekonomian di bidang retail jalan ditempat,” tuturnya di Depok, Jum’at (10/07/2015).

Christ juga mengatakan bahwa dampak dari penurunan minat masyarakat di sektor retail saat ini juga disebabkan oleh adanya kenaikam harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang terjadi pada bulan Februari lalu dan anjloknya nilai tukar rupiah terhadap dollar di bursa saham yang mengakibatkan harga retail naik menyesuaikan harga.

Meski demikian, Christ tetap optimis pada semester kedua tahun 2015 ini, usaha jenis retail akan mengalami peningkatan kembali. Pasalnya, minat masyarakat menjelang hari raya Idul Fitri tahun ini sudah mengalami kenaikan dari bulan bulan sebelumnya yang hanya mencapai 20 persennya saja.

“Memang untuk usaha retail jenis Gadget pada beberapa bulan belakangan ini terjadi adanya penurunan, namun pada semester kedua tahun ini, saya yakin akan terjadi peningkatan minat sehingga perkembangan ekonomi di sektor  retail akan bergerak maju kembali,” pungkasnya.

Untuk menyiasati hal tersebut, dirinya mengaku akan membuat beberapa kerjasama dan melakukan kegiatan promosi dimana pada kegiatan tersebut dimaksudkan untuk menarik kembali minat masyarakat dan menaikan kembali perekonomian usaha jenis retail di kota Depok.(Izl)

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok