KPU Depok Tandatangani Kesepakatan Kerjasama Dengan IDI

KPU Depok Tandatangani Kesepakatan Kerjasama Dengan IDI Guna Menjalani Tes Kesehatan Para Pasangan Calon Walikota Depok

HarianDepok.com – Berita – Pilkada Depok 2015, Perhelatan Pilkada kota Depok yang saat ini tengah dipersiapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Depok hingga sampai saat ini sudah mencapai 80 persennya dari total keseluruhan persiapan yang dilakukannya. Saat ini, KPU Depok pun tengah menjalani Kesepakatan Kerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) guna menjalani persiapan tes kesehatan yang akan dilakukan kepada seluruh calon Walikota dan Wali Walikota periode mendatang.

Didalam rapat kerjasamanya dengan IDI, KPU kota Depok disarankan untuk menyeleksi para calon Walikota dan Wakik walikotanya di Rumah Sakit Gatot Subroto (RSGS), Jakarta. Hal tersebut disarankan karena  di rumah sakit yang ada di kota Depok fasilitasnya belum memadai.

Hasil dari rapat kerjasama tersebut, pengecekan para calon Walikota dan calon Wakil Walikota Depok akan dilakukan pada tanggal 29 Juli 2015 mendatang yang pengecekan kesehatannya akan melibatkan beberapa dokter profesional yang sudah terkomendasi.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Depok, Titik Nurhayati menambahkan, bahwa para calon yang akan menjalani tes kesehatan tersebut, telah dianggarkan olehnya per masing masing pasangan sebesar Rp 7,5 juta yang diambil dari dana anggaran persiapan Pilkada 2015. Namun, besaran tersebut hanyalah menjadi patokan saja, jika terjadi kekurangan ataupun kelebihan, maka, akan dihitung ulang kembali.

“Dari hasil rapat yang telah kami lakukan, seluruh pasangan calon Walikota Depok untuk Pilkada 2015 nanti, akan dilakukan tea kesehatan yang akan dilakukan di RS Gatot Subroto, karena fasilitasnya sudah memadai. Untuk total biaya yang akan dikeluarkan untuk masing masing pasangan, telah kami patoki sebesar Rp 7,5 juta, namun hal tersebut bisa berubah menyesuaikan kebutuhan nanti,” terangnya usai menandatangani kesepakatan tersebut, Kamis (09/07/2015).

Dilain pihak, Ketua Ikatan Dokter Indonesia Sukwanto Gamalyono menjelaskan bahwa beberapa tes kesehatan yang akan dilakukan terhadap pasangan calon Walikota tersebut meliputi, tes jantung, paru paru, kandungan, syaraf, mata telinga, tenggorokan dan hidung.

Untuk calon Walikota atau Wakil Walikota yang berjenis selain laki laki, akan ditambahkan pengecekannya yaitu, pengecekan perut, USH Jantung, Rontgent dada, pengecekan trans vaginal, tes urine, fungsi hatu, lemak, ginjal, tumor, papsmear dan pengecekan gula darah. Selain daripada itu, keseluruhan calon pasangan juga akan dilakukan tes psikologi.

Sukwanto pun juga menjelaskan, pihaknya akan selalu siap jika tim Komisi Pemilihan Umum memintanya untuk menangani permasalahan yang membutuhkan pihaknya untuk melakukan tes kesehatan tersebut. “Kami akan siap membantu jika terjadi beberapa hal yang mengharuskan adanya pengecekan yang lebih detail terhadap para calon pasangan,” tandasnya.(Izl)

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: