Debu Vulkanik Gunung Raung Sudah Sampai Hingga Jembrana, Bali

Debu Vulkanik Gunung Raung Sudah Sampai Hingga Jembrana, Bali

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Sampai saat ini Debu vulkanik Gunung Raung telah sampai hingga ke kabupaten paling barat Pulau Bali, yakni Jembrana. Kondisi seperti ini mulai terjadi sejak Kamis (09/07/2015) kemarin saat status Gunung Raung yang terletak di perbatasan Banyuwangi dengan Situbondo, Jawa Timur, sudah memasuki Siaga II. Menurut salah satu penduduk yang rumahnya tidak jauh dari Pelabuhan Gilimanuk Jembrana, Wayan Sukerti ? mengaku sejak siang kemarin debu vulkanik Gunung Raung sudah sampai ke kampungnya.

Tidak hanya itu, Sukerti juga mengeluhkan akibat debu Raung yang membuat lantai rumahnya menjadi selalu kotor. Kondisi serupa juga terjadi pada mobil yang terparkir di depan rumahnya. Dampak dari debu vulkanik Gunung Raung juga menjadikan Bandara I Gusti Ngurah Rai di Denpasar, Bali, membatalkan 16 penerbangan dari Australia. Hal tersebut juga diungkapkan oleh Gusti Ngurah Ardita, General Manager Angkasa Pura I.

“Akibat debu dari Gunung Raung juga menjadikan 16 penerbangan dari Australia terpaksa dibatalkan penerbangannya hari ini,” ujar Ardita di Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Jumat (09/07/2015). Selain itu, BNPB (Badan Nasional Penanggulan Bencana) mengungkapkan, jika masyarakat yang berada di sekitar ?kaki Gunung Raung dirasa belum harus untuk mengungsi.

Walau aktivitas gunung Raung sudah beberapa hari lalu terus meningkat. Menurut Sutopo Purwo Nugroho yang merupakan Kepala Pusat Data? Informasi dan Humas BNPB menyatakan, Gunung Raung masih terus mengeluarkan erupsi. Sifat letusannya strombolian, yang artinya erupsi terus menerus dengan ketinggian hingga 100-400 meter.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok