Menaker Ingatkan Semua Perusahaan, Hari Ini Batas Akhir Pembayaran THR

Menaker Ingatkan Semua Perusahaan, Hari Ini Batas Akhir Pembayaran THR

HarianDepok.com – Bisnis , Hanif Dhakiri, Menteri Tenaga Kerja menegaskan kepada para pengusaha agar segera memberikan tunjangan hari raya (THR) kepada para pegawainya. Sebab, pada hari ini Jumat (10/07/2015) adalah hari terakhir pemberian THR untuk para pegawai di Indonesia. Diketahui Kementerian Tenaga Kerja beberapa waktu lalu sudah mengedarkan Surat Edaran (SE) Nomor 7/MEN/VI/2015 tentang Pembayaran Tunjangan Hari Raya Keagamaan dan Himbuan Mudik Lebaran Bersama.

Surat edaran tertanggal 3 Juni 2015 tentang pembayaran THR dan Mudik Lebaran ini ditujukan kepada para Gubernur dan para Bupati serta Walikota di seluruh Indonesia. Dengan harapan para kepala daerah bisa mengingatkan para pelaku usaha di wilayah masing-masing untuk segera memberikan THR tersebut. Kemenaker juga sebelumnya sudah membuka Posko Satgas Ketenagakerjaan Peduli Lebaran di beberapa wilayah Indonesia, termasuk di Jakarta.

Hanif menjelaskan, posko yang diberinama Posko THR ini sudah mulai bekerja sejak tanggal 1 Juli 2015.? Adapun fungsi dari posko ini adalah sebagai tempat pengaduan para buruh tentang tunjangan hari raya (THR). Hanif menuturkan, THR sudah menjadi hak para buruh di Indonesia. Pasalnya  hal tersebut akan menjadi poin penunjang kesejahteraan para buruh. Sebab itu, diperlukan ada mediasi untuk para pekerja yang bermasalah terkait pembayaran THR.

Hadirnya Posko ini juga diharapkan akan mengurangi aksi demonstrasi dan anarkis yang dilakukan oleh para pekerja kepada perusahaannya bila perusahaan tempat ia bekerja belum memberikan THR. Selain itu, sesuai dengan surat edaran Menaker jika THR paling lambat diberikan pada H-7 lebaran. Menaker juga menyarankan pada para bupati dan pimpinan wilayah lainnya agar memerintahkan kepada sejumlah perusahaan yang beroperasi di wilayah masing-masing untuk menggelar program mudik gratis.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: