Depok Digital Minta Pemkot Adakan Rumah Komunitas

Simpul komunitas Depok Digital, Lahandi Baskoro meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Depok memfasilitasi kota dengan rumah komunitas, yang dapat menjadi sentral informasi dan menjadi rumah ide.

“Saat ini di Depok terdapat belasan start-up yang berpotensi untuk Depok cyber city. Sebaiknya pemerintah perhatikan itu dan dengarkan ide mereka,” tuturnya seusai diskusi ‘Nasional-isme Digital’ di Buku Kafe, Margonda, Selasa (31/1). Start-up atau usaha pemula di Depok yang berbasis digital cukup menjamur. Seharusnya, kata Lahandi, Pemkot dapat memaksimalkan ini bila memang visi cyber city itu berbasis komunitas.

Selain menjadi rumah ide, menurut Lahandi, rumah komunitas itu bisa menjadi perekat antara pemerintah, komunitas, pelaku bisnis dan akademisi. “Semua harus bersinergi untuk membangun Depok, khususnya dalam mengembangkan Cyber City,” jelas Lahandi.

Hal senada diungkapkan oleh Gege, pegiat sosial media Koprol yang tegabung dalam komunitas Koprol Depok (si Kodok). Gege mengungkapkan bahwa komunitas pun butuh satu tempat yang menjadi titik kumpul untuk berbagi.

Karena tidak ada ruang kumpul, selama ini bila komunitas ingin mengadakan diskusi terpaksa harus memesan tempat di kafe-kafe atau restoran. “Paling tidak, bila ada ruang bersama, ruang itu dapat dipakai diskusi-diskusi dan merangsang kreatifitas,” tuturnya.

Herry Pansila (kiri) bersama Lahandi Baskoro

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Herry Pansila mengatakan Pemkot sudah memiliki rencana gedung bersama. “Namun belum disetujui oleh DPRD Depok,” kata Herry, yang saat itu turut menjadi narasumber di diskusi Nasionalisme Digital.

Berangkat dari permasalahan ini, bersama komunitas digital lainnya, Lahandi berniat memaparkan kebutuhan kota dalam konteks Cyber City pada saat Musrembang Kota Depok yang jatuh pada Februari ini.

CL

author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)