Tips Agar Berpuasa Tidak Bau Mulut

Tips Agar Berpuasa Tidak Bau Mulut

HarianDepok.com – Kesehatan , Walau rasanya sedikit asam, namun ternyata yoghurt mampu menekan aktivitas bakteri penyebab bau mulut keika berpuasa. selain itu, minuman hasil fermentasi ini pun mrempunyai sejumlah manfaat, seperti membantu menurunkan berat badan, menyehatkan pencernaan, mencegah jantung coroner, menurunkan kolesterol dan mencegah tekanan darah tinggi. Demikianlah seperti yang disampaikan oleh dr. Marya Haryono, M.Gizi, SpGK, yang merupakan dokter spesialis gizi klinis dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Rabu (08/07/2015).

Menurutnya, akibat kurang minum, sehingga menyebabkan menurunnya jumlah kandungan air liur selama menjalankan puasa. Hal ini mengakibatkan terjadinya peningkatan jumlah koloni bakteri yang dapaat menimbulkan bau mulut. “Kandungan probiotik yang terdapat dalam yogurt seperti hidrogen sulfida  mampu menurunkan kadar bahan penyebab terjadinya bau mulut, sehingga dengan mengonsumsi yogurt setiap hari, bisa membuat nafas menjadi lebih segar dan terhindar dari bau mulut,” bebernya.

Ia menambahkan, yoghurt pun sangat baik dikonsumsi di malam hari usai berbuka puasa. Selain aman dikonsumsi orang dewasa, yoghurt juga aman dikonsumsi oleh anak-anak karena mempunyai kandungan kalsium yang cukup tinggi. Diketahui, kalsium sangat bermanfaat dalam menjaga daya tahan tubuh serta mencegah tubuh menjadi lemas, terutama saat menjalani puasa.

Tips Agar Berpuasa Tidak Bau Mulut

[ NurMungil/HD ]

Rate this article!
Tags:
author

Author: