Dinas Damkar Depok Jelang Lebaran Siagakan 60 Personil Guna Mengantisipasi Bahaya Kebakaran

Dinas Damkar Depok Jelang Lebaran Siagakan 60 Personil Guna Mengantisipasi Bahaya Kebakaran

HarianDepok.com – Berita , Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) kota Depok, untuk mengantisipasi adanya hal hal yang tidak diinginkan menjelang lebaran tahun ini, telah menyiagakan puluhan personilnya untuk mencegah kemungkinan adanya kebakaran yang terjadi saat arus mudik berlangsung.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) kota Depok, Yayan Ariyanto mengatakan bahwa sebanyak 60 anggotanya tersebut sudah dipersiapkan dan akan disiagakan selama 24 jam yang akan berlangsung mulai dari tujuh hari menjelang lebaran tiba sampai 7 hari setelah lebaran usai.

Dalam teknis pelaksanaannya, Yayan mengatakan bahwa puluhan anggotanya tersebut akan disiagakan penuh saat malam takbiran lebaran nanti. “Untuk mengantisipasi adanya kejadian yang tidak diinginkan, kami telah menyiagakannya, sehingga apabila terjadi suatu hal, maka dengan cepat kami dapat menanganinya,” terangnya, Selasa (07/07/2015).

Menurut keterangannya, seluruh anggotanya ini, akan difokuskan kepada pengawasan terhadap rumah rumah yang ditinggalkan oleh si pemilik untuk bermudik. Ini menjadi salah satu hal yang harus diawasi, mengingat kota Depok dalam waktu beberapa bulan terakhir ini telah terjadi peristiwa kebakaran di beberapa tempat yang disebabkan oleh lalainya seseorang hingga menyebabkan kebakaran.

Untuk mengantisipasi hal tersebut dirinya akan menyiagakan anggotannya guna bersiaga dan berpatroli di lokasi lokasi perumahan yang dianggap rawan terjadinya kebakaran. “Kami akan mengerahkan anggota kami untuk bersiaga dan melakukan patroli ke beberapa tempat yang rawan akan terjadinya kebakaran,” tuturnya.

Untuk mencegah adanya hal yang tidak diinginkan dirinya pun juga menghimbau kepada seluruh masyarakat yang akan melakukan kegiatan bermudiknya tahun ini untuk mematikan lampu dan mencabut kabel kabel yang tidak perlu guna mencegah terjadinya kebakaran.

Tak hanya itu saja, dirinya pun juga meminta kepada seluruh masyarakat untuk melakukan pengecekan ulang terhadap peralatan dapur seperti kompor gas, alat alat elektronik yang masih terpapar listrik untuk segera dimatikan, dan selang gas agar dicabut. Ini semua demi keamanan dan kenyamanan dalam bermudik.

“Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat yang akan melakukan mudik di tahun ini untuk memutus arus listrik alat alat elektroniknya dan memadamkan lampu yang sekiranya tidak perlu serta mencabut selang gas guna mengantisipasi adanya kebocoran gas yang bisa berakibat terjadinya kebakaran,”tandasnya.(Izl)

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)