Dinkes Depok Desak Pemerintah Pusat Untuk Keluarkan Aturan Wajib BPJS di Seluruh Rumah Sakit

Dinkes Depok Desak Pemerintah Pusat Untuk Keluarkan Aturan Wajib BPJS di Seluruh Rumah Sakit

Foto – republika.co.id

HarianDepok.com – Berita , Upaya pemerintah dalam menggalakan pelayanan kesehatan satu pintu (BPJS) di seluruh Indonesia masih terkendala dengan banyaknya rumah sakit yang tidak mau bekerja sama lantaran tarif yang tidak sesuai dari layanan BPJS tersebut.

Di kota Depok sendiri, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam menerapkan program peningkatan kesehatan masyarakat yang tak lain adalah layanan BPJS pun juga mendapatkan penolakan dari beberapa rumah sakit yang beroperasi di wilayah Depok.

Hal ini dirasakan sangat menghambat program tersebut. Pasalnya, program BPJS yang sudah diterapkan sejak awal tahun 2014 silam ini seharusnya sudah bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Namun karena masih terbentur oleh banyaknya rumah sakit yang enggan mengikuti program BPJS ini, membuat para pengguna layanan BPJS semakin terlantar keberadaannya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Lies Karmawati menanggapi hal tersebut mendesak badan pengelola BPJS kota Depok untuk berkordinasi dengan pemerintah pusat agar membuat kebijakan untuk mewajibkan seluruh rumah sakit yang ada untuk menjadi penyelenggara BPJS, khususnya seluruh rumah sakit yang berlokasi di kota Depok.

Hal tersebut diakuinya sebagai salah satu solusi dimana selama ini keberadaan rumah sakit di Depok tidak maksimal dalam memberikan pelayanannya terhadap para pengguna layanan BPJS yang mengakibatkan terbengkalainya kebutuhan layanan kesehatan para peserta.

“Tarif yang kecil selalu menjadi alasan para pengelola BPJS yang mengakibatkan sampai saat ini masih banyak rumah sakit yang belum melayani para pengguna BPJS dengan maksimal. Mereka juga bilang bahwa penyesuaian tarif yang ada adalah wewenang Kementerian Kesehatan,” tuturnya, Senin (06/07/2015).

Menurutnya, apabila pihak pengelola BPJS mau berbenah diri dengan melakukan perbaikan dengan melibatkan pemerintah pusat untuk bersama sama membuat kebijakan dan menyesuaikan tarif, maka dapat dipastikan layanan BPJS yang akan datang bisa berjalan mulus di seluruh rumah sakit di Indonesia, khususnya di wilayah kota Depok.(Izl)

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)