Di Negara Ini Ayam Hingga Kodok Dipakai Buat Ramal Gempa

di-negara-ini-ayam-hingga-kodok-dipakai-buat-ramal-gempa

HarianDepok.com – Berita Unik – Biro Seismologi di Kota Nanjing, China, mengubah tujuh peternakan hewan menjadi stasiun pemantau gempa.

Menurut laporan koran China Daily, para peternak di sana diminta menyampaikan informasi terbaru kepada biro itu tentang tingkah laku hewan-hewan dua kali sehari.

Menurut biro itu, tingkah laku hewan yang mencurigakan dan tidak normal bisa menjadi pertanda awal akan terjadi gempa. Kelakuan aneh binatang itu misalnya ayam yang naik ke atap, ikan yang keluar dari air, atau kodok yang tiba-tiba berkelompok, seperti dilansir the Malaysian Insider, Senin (6/7).

“Peternakan kami tidak diubah jadi stasiun pemantau karena hewan-hewan akan bertingkah tidak normal ketika mereka diganggu pengunjung,” kata seorang penjaga ternak di sana.

Menggunakan hewan untuk meramal gempa memang bukan barang baru di Negeri Tirai Bambu. Kantor berita pemerintah tahun lalu mengatakan KOta Nanchang memakai jasa anjing untuk memprediksi gempa kecil.

China sering terkena musibah gempa dahsyat yang menyebabkan ratusan hingga ribuan orang tewas. Tiga orang tewas dalam gempa yang terjadi tiga pekan lalu di wilayah Xinjiang.

[Irma wulandari/HD]

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer