Minimalisir Kecelakaan di Tol Cipali, Menteri PU Akan Pasang Pita Kejut

Minimalisir Kecelakaan di Tol Cipali, Menteri PU Akan Pasang Pita Kejut

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Prasarana di sepanjang Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) akan semakin dilengkapi oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Salah satu prasarana untuk meminimalisir tingkat kecelakaan adalah dengan memasang pita penggaduh atau pita kejut atau di sejumlah titik di jalan tol tersebut. Menurut Basuki Hadimuljono, selaku Menteri PU dan Perumahan Rakyat menegaskan, pemasangan pita kejut tersebut akan mulai dilakukan usai memperoleh masukan dari Polri. Umumnya tebal pita kejut itu sekitar 40 mm dan melintang pada jarak yang berdekatan.

“Diskusi dengan kepolisian, keamanan pasti prasarana, perilaku dan rekayasa. Kami bertanggung jawab untuk penyediaan prasarananya,” ucap Basuki, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (07/07/2015). Basuki menambahkan, selain pemasangan pita kejut, pihaknya juga akan melengkapi prasarana lain di jalan tol terpanjang di Indonesia itu.  Delapan rest area atau tempat peristirahatan saat ini sudah mulai beroperasi di sepanjang ruas jalan Tol Cipali. “Empat rest area di kiri dan empat di kanan,” ucapnya.

Basuki membantah atas terjadinya sejumlah kecelakaan di ruas Tol Cipali disebabkan karena pengoperasian jalan tol yang dinilai tergesa-gesa. Namun ia memastikan ketika diresmikan pengoperasiannya oleh Presiden Joko Widodo pada 13 Juni 2015 lalu, Tol Cipali sudah layak untuk beroperasi. “Sudah layak operasi, termasuk misalnya ambulans, mobil derek, rumah sakitnya, semua sudah lengkap jadi tinggal beroperasi. Rambu-rambu masih dapat ditambah,” pungkasnya.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok