Tahap Awal PPDB di Depok Bermasalah

Tahap Awal PPDB di Depok Bermasalah

HarianDepok.com – Berita – Beji , Dalam rangka meningkatkan taraf pendidikan dikotanya, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok tengah melakukan program Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online yang akan diaksanakan pada awal bulan ini secara serentak di seluruh Sekolah Menengah yang ada di kota Depok tanpa dipungut biaya apapun alias gratis.

Dari teknis pelaksanaan PPDB yang telah mulai dilakukan per tanggal 06 Juli 2015 ini, masih mengalami kendala dimana pada hari pertama PPDB ini dirasakan sangat membingungkan masyarakat yang ingin mendaftarkan anak anaknya untuk bersekolah.

Hal ini dirasakan juga oleh salah satu orangtua murid yang mengaku kebingungan dengan tata cara pelaksanaan PPDB di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 26 yang membuatnya harus bolak balik melakukan pendaftarannya di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 5 di Beji.

“Saat kami mengantri di SMPN 26 untuk mendaftarkan anak kami bersekolah disana, malah kami diarahkan untuk mendaftar di SMPN 5, dan setibanya ddisana malah kami disuruh kembali lagi ke SMPN 26, gak bener ini,” tuturnya Deny salah seorang orangtua murid dengan nada kesal, Senin (06/07/2015).

Dia pun mengeluhkan ketiadaan panitia PPDB di sekolah tersebut yang mempersulit dirinya untuk mendaftarkan anaknya bersekolah. Menurutnya teknis pelaksanaan di SMPN 26 ini kurang maksimal, dimana pada pelaksanaannya para orangtua murid dibingungkan dengan arahan para pelaksana yang menyuruhnya kesana kemari.

Nurhayati, salah satu orangtua murid lainnya yang rencananya akan mendaftarkan anaknya untuk bersekolah di SMPN 26 ini pun merasakan hal yang sama, dirinya merasa kecewa lantaran para pengelola sekolah tersebut yang melemparnya kesana kemari. “Saya jadi bingung mas, disana kami diarahkan ke sekolah SMPN 5, trus sampe disana dialihkan lagi ke SMPN 26 buat ngedaftar,” keluhnya.

Dirinya mengaku bahwa ia telah mendapat informasi mengenai PPDB yang diselenggarakan di SMPN 26 ini tidak menggunakan sistem online pada awalnya, oleh sebab itu pagi pagi ia langsung menuju ke sekolah tersebut untuk mendaftar secara manual. Sesampainya disana dirinya dibingungkan dengan arahan pihak sekolah yang mengalihkannya kesana kemari.

Dilain pihak, Kepala SMPN 26, Yusuf saat dikonfirmasi mengenai hak tersebut mengatakan bahwa PPDB yang dilakukannya sudah memenuhi standar pelaksanaan dan lancar. Meskipun pada pelaksanaannya ada beberapa kesalahan komunikasi, namun teknis dilapangannya sudah beres.

“Maklumlah, namanya juga sekolah baru, semuanya masih perlu pembenahan. Sampai sekarang kami pun terus berupaya membenahinya bersama guru guru yang bertugas di SMPN 26 ini,”katanya singkat.(Izl)

[AndriIdaman/HD]

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)