Tips Mudik Ramah Dan Aman Bersama Anak

Tips Mudik Ramah Dan Aman Bersama Anak

HarianDepok.com – Kesehatan , Susanto selaku Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) memberikan beberapa kiat atau cara kepada orang tua agar dapat mewujudkan mudik yang ramah untuk anak, sehingga anak akan lebih nyaman saat di perjalanan ke kampong halaman. Seperti yang diungkapkan Susanto pada senin (06/07/2015), “Sampai saat ini angka kecelakaan pengendara sepeda motor masih sangat tinggi. Oleh sebab itu, sebaiknya orang tua disarankan tidak membawa anak mudik menggunakan sepeda motor,” tuturnya.

Apabila memang keluarga tidak mempunya mobil, maka mudik dengan menggunakan kendaraan umum menjadi alternatif utama. Ia pun menyarankan kepada orang tua bisa mengupayakan agar anak tidak ikut berdesak-desakan jika membawa anak mudik menggunakan kendaraan umum. Agar selama diperjalanan mudik anak tidak bosan, Susanto memberikan tips pada orang tua supaya menyiapkan mainan yang disukai anak untuk menemaninya di perjalanan.

Selain itu, ia menyarankan agar menyiapkan juga vitamin serta obat-obatan yang dibutuhkan anak untuk di sepanjang perjalanan. Susanto menambahkan, namun bila akan mudik membawa mobil pribadi, orang tua harus memastikan terlebih dulu kendaraan dalam kondisi yang baik. Untuk memastikan siap dibawa mudik, perlu di lakukan pengecekan Kondisi mesin, komponen lain, oli, dan ban cadangan.

Kondisi fisik anak serta stamina orang tua juga perlu dijaga. Sebab itu, Susanto juga mengingatkan agar sering beristirahat di tempat-tempat yang sudah disediakan. Jangan memaksakan diri untuk terus mengemudi jika kondisi badan sudah mulai lelah. Orang tua juga dianjurkan untuk tidak mengebut dan mengendarai mobil dengan sewajarnya saja. Beri kanlah contoh kepada anak untuk menaati semua rambu-rambu dan peraturan lalu lintas.

[ NurMungil/HD ]RT

Tags:
author

Author: