Tata Cara Melaksanakan Shalat Lailatul Qadar

Tata Cara Melaksanakan Shalat Lailatul Qadar

HarianDepok.com – Pengertian Malam Lailatul Qadar ialah satu malam yg sangat istimewa dari seribu bulan dan biasanya hadir ketika sepuluh hari terakhir di Bulan Ramadhan. Keutamaan dan Keistimewaan Malam Lailatul Qadar ini banyak sekali, diantaranya seperti akan diampuni segala dosa – dosanya serta akan mendapatkan keindahan malam yg tiada bandingannya.

Tata cara mengerjakan Shalat Lailatul Qadar sendiri dilakukan dengan jumlah empat Raka’at seperti jumlah Raka’at pada Shalat Wajib Dzuhur dan Isya, tanpa atahiyat awal pada rakaat kedua langsung atahiyat akhir pada rakaat ke empat. Pelaksanaan nya sendiri seperti mengerjakan Shalat Wajib seperti biasanya yangg diawali dengan Niat Shalat Lailatul Qodar dan diakhiri dengan Salam.

Akan tetapi untuk bacaan suratnya dilakukan dengan membaca Surat Al Takatsur sebanyak 1 kali dan Surat Al Ikhlas sebanyak 3 kali setelah membaca Bacaan Surat Al-Fatihah. Sementara untuk shalat Lailatul Qadar akbar dilaksanakan pada malam 27 Ramadhan dengan niat Lailatul Qadar akbar 12 rakaat. Masing-masing dilaksanakan dua rakaat lalu salam, dan dilakukan sebanyak enam kali. Untuk bacaan suratnya, pada rakaat pertama dan kedua sama, Al-Fatihah 1x, Al-Qodar 1x, dan Al-Ikhlas 15x

Berikut adalah bacaan niat shalat Lailatul Qadar;

doa

Untuk Doa Setelah Shalat Malam Lailatul Qadar dapat dilakukan usai mengerjakan Shalat Malam Lailatul Qadar dan untuk Bacaan Doa Malam Lailatul Qadar juga dapat membaca Wirid dan Dzikir terlebih dahulu seperti membaca Surat Al Fatihah, Istighfar, Takbir dan Shalawat Nabi Muhammad SAW sebanyak kemampuan anda dan dilanjutkan dg Doa Lailatul Qadar memohon ampunan kepada Allah SWT.

Berikut adalah Do’a nya;

dui

Itulah penjelasan tata cara mengerjakan Shalat Lailatul Qadar yang bisai dijadikan sebagai panduan untuk berikhtiar agar mendapatkan Malam Lailatul Qadar.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags:

One Response

  1. author

    Aziz2 years ago

    Amalan sholat lailatul qodar sangat baik untuk dilaksanakan..tetapi barangkali akan lebih baik lagi jika disertakan juga dasar hukumnya tentang cara sholat lailatul qodar,baik Hadits maupun Al-Qur’an..agar pembaca yakin amalan sholat lailatul qodar itu benar benar sangat dianjurkan untuk dilaksanakan..terima kasih dan mohon maaf sesudahnya..

    Reply

Leave a Reply