Tips Atasi Lemas Ketika Menjalani Puasa

Tips Atasi Lemas Ketika Menjalani Puasa

HarianDepok.com – Kesehatan , Ketika menjalani ibadah puasa, terkadang kita kerap diselimuti rasa lemas terutama pada siang hari. Tidak heran jika hal ini kerap dikonsultasikan oleh umat Muslim kepada para dokter. Untuk mengantisipasi keluhan tersebut, dr. Ardiansyah Bahar menegaskan pentingnya pola makan sehat dan istirahat yang berkualitas. Menurut dia, menjaga pola makan teratur ketika sahur dan saat berbuka sangatlah penting. Ketika sahur, pilih lah karbohidrat kompleks seperti beras merah dan gandum.

“Dibandingkan dengan karbohidrat sederhana, karbohidrat kompleks lebih lama dicerna sehingga akan kenyang lebih lama,” ungkapnya ketika melakukan kerjasama dengan Promag dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Ia pun mengingatkan betapa pentingya makanan kaya serat dan nutrisi serta minum air putih sebanyak dua gelas ketika sahur. Sedangkan ketika berbuka, ia mengimbau agar memilih menu yang manis tapi jangan berlebihan hanya untuk membantu memulihkan energi tubuh.

Tubuh yang lemas waktu berpuasa juga dapat disebabkan karena kurangnya istirahat. Hal ini biasanya terjadi karena perubahan waktu tidur, yang biasanya bangun pagi atau siang, harus bangun lebih pagi untuk sahur. “Itu yang terkadang membuat waktu tidur berubah,” ujarnya. Oleh sebab itu, ia mengimbau untuk memenuhi tidur yang berkualitas. “Tidur itu yang penting kualitas bukan kuantitas.

Ada yang tidur hanya empat jam namun karena kualitasnya bagus, jadi ketika bangun akan merasa segar dan tidak lemas,” ungkapnya. “Bila tidur malam masih dirasa kurang, dapat ditambahkan pada siang hari,” sarannya. Tidur siang tidak semestinya berjam-jam atau lama, sebentar juga sudah cukup yang penting berkualitas.

[ NurMungil/HD ]

Tags:
author

Author: