Suara Gemuruh Gunung Raung Semakin Sering Terdengar

Suara Gemuruh Gunung Raung Semakin Sering Terdengar

HarianDepok.com – Berita – Nasional ,  Menurut Burhan Alethea, seorang pengamat di Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung, mengungkapkan, bahwa Gunung Raung telah mengeluarkan suara gemuruh yang cukup keras dengan durasi kurang dari satu menit. “Suara gemuruh paling sering terdengar antara pukul 13.00 sampai 14.30,” ucap Burhan, Minggu (05/07/2015). Bahkan, suara gemuruh tersebut terdengar sampai ke kecamatan Genteng dan Rogojampi, Banyuwangi, Jawa Timur dengan jarak sekitar 30 kilometer.

Tidak hanya gemuruh, nampak juga asap setinggi 200-300 meter. Asap dengan kepekatan sedang sampai tebal tersebut mengarah ke kota Banyuwangi. Sementara amplitudo gempa tremor berada di angka 28 milimeter, sama dengan yang terjadi pada Sabtu (04/07/2015) kemarin. Gempa tremor menunjukkan bahwa adanya aktivitas di bagian magma.  Menurut dia, gemuruh yang disertai keluarnya asap memperlihatkan adanya letusan bertipe strombolian.

Ciri-ciri strombolian itu yakni meski letusannya kecil tapi terus-menerus serta mengeluarkan material pijar. Burhan pun memastikan bahwa keluarnya material pijar itu masih dapat ditampung dalam kaldera yang berukuran 2.250 x 1.750 meter serta kedalaman 500 meter. “Status masih siaga,” ucap Burhan. Menurutnya, sebenarnya letusan Gunung Raung saat ini masih aman untuk penerbangan.

Namun hal tersebut tetap bergantung pada kebijakan setiap maskapai apakah tetap dapat melalui jalur di atas Gunung Raung atau tidak. “Masing-masing maskapai tentunya punya standar keamanan masing-masing,” ujar Burhan.  Sejak tanggal  21 Juni 2015 aktivitas vulkanis Gunung Raung pun meningkat. Sebab itu, PVMBG menaikkan status gunung tersebut dari waspada atau level II menjadi siaga atau level III pada Senin (29/06/2015), pada pukul 09.00 WIB.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: