Alasan Mengapa Orang Indonesia Gampang Gemuk

Alasan Mengapa Orang Indonesia Gampang Gemuk

HarianDepok.com – Kesehatan , Segala jenis makanan yang dikonsumsi secara berlebihan akan menimbulkan penumpukan lemak di tubuh. Tapi, dari tiga jenis nutrisi makro, karbohidrat dan lemak lah yang dianggap pemicu terbesar yang menyebabkan penumpukan lemak di dalam tubuh. Menurut Ade Rai, yang juga seorang Binaragawan menuturkan, Hal ini terjadi karena sangat mudahnya kita memperoleh hidangan makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan lemak.

Sementara makanan yang mengandung protein, malah sulit ditemukan. Seperti yang dikitip dalam buku Bakar Lemak Tanpa Lapar Tanpa Lemas, Jumat (03/07/2015), Ade Rai mengatakan,  “Tidak hanya itu, pengaruh karbohidrat dan lemak juga sangat langsung terhadap sistem penyimpanan lemak tubuh,” tulisnya. Ia melanjutkan, Lemak dengan nilai kalori yang cukup tinggi sangat mudah menyelinap ke dalam pola makanan kita sehari-hari.

“Penyajian makanan yang dilakukan dengan cara menggoreng adalah sangat populer dalam diet orang Indonesia. Lemak dapat memberikan rasa nikmat dan gurih pada masakan, sehingga kerap dianggap sebagai unsur penting dalam menimbulkan selera makan,” ujarnya menambahkan.

Serupa dengan lemak, karbohidrat pun sangat mudah sekali kita temui di dalam makanan yang kaya gula dan tepung. Di mana kedua bahan makanan ini tidak bisa dihindari oleh masyarakat Indonesia. “Rasa manis pada makanan dan macam-macam kreasi pengolahan menjadikan karbohidrat seperti jagung dan nasi sebagai makanan pokok,” tutur Ade Rai.

[ NurMungil/HD ]

Tags:
author

Author: