Tips Agar Menjalani Puasa Tetap Fit Dan Bugar

Tips Agar Menjalani Puasa Tetap Fit Dan Bugar

HarianDepok.com – Kesehatan , Di saat bulan Ramadhan, Anda akan mengalami sejumlah perubahan pola makan termasuk pola tubuh. Jika Anda biasanya bebas untuk mengonsumsi banyak makanan tanpa jadwal yang teratur, maka saat di bulan puasa jam makan Anda berkisar pada saat sahur dan ketika berbuka. Tidak hanya itu, jam istirahat Anda juga akan terganggu, pasalnya Anda harus bangun untuk sahur. Apalagi dengan sistem pencernaan yang terhenti sejenak karena berpuasa.

Tentu saja perubahan-perubahan tersebut akan mempengaruhi terhadap kondisi kesehatan tubuh Anda. Bagi Anda yang belum terbiasa, maka kesehatan Anda dapat terganggu. Oleh sebab itu, berikut ada beberapa rahasia sehat yang dapat Anda terapkan ketika berpuasa supaya tubuhmenjadi  fit dan segar.

  1. Pilih makanan berserat saat sahur

Salah satu rahasia supaya Anda kuat dalam berpuasa adalah pilihlah menu makanan berserat dan berprotein tinggi. Sebaliknya, hindari memakan makanan manis ketika sahur karena akan membuat Anda merasa cepat lapar menjelang siang hari.

  1. Konsumsi makanan manis untuk buka

Jika saat sahur Anda harus menghindari makanan manis, maka ketika berbuka makanlah makanan yang manis. Sebab zat gula akan mengembalikan energi Anda yang hilang ketika berpuasa. Hindari minum minuman dingin dan bersoda karena minuman tersebut akan mengganggu kinerja sistem pencernaan.

  1. Jangan langsung makan besar saat buka

Ketika berbuka, sebaiknya jangan langsung makan besar. Hal ini dikarenakan sistem pencernaan Anda bisa kaget dan akhirnya terjadi gangguan pencernaan seperti kram perut atau kembung. Sebaiknya ketika berbuka awali dengan mengonsumsi makanan manis dan hangat. Usai melaksanakan shalat maghrib baru Anda dapat melanjutkan dengan makan makanan besar.

  1. Tetap berolahraga

Jangan jadikan puasa sebagai alasan Anda untuk malas berolahraga. Memang Anda tidak bisa melakukan olahraga berat seperti biasanya. Akan tetapi tidak ada salahnya jika ketika berpuasa Anda melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki atau lari-lari kecil. Kegiatan ini bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah agar tidak mudah lemas.

  1. Hindari mengonsumsi makanan instan

Makanan instan biasanya banyak dipilih sebagai menu sahur, pasalnya tidak ribet dan gampang cara membuatnya. Tapi kandungan bahan kimia di dalamnya membuat makanan ini sulit untuk dicerna sehingga menghabiskan banyak energi yang membuat Anda cepat lemas.

  1. Kurangi makanan berlemak

Ketika sahur hindari lah memakan makanan berkuah santan, berlemak, atau gorengan, pasalnya makanan ini terlalu berat untuk dicerna dan akan menyebabkan tubuh lebih banyak mengeluarkan cairan.

[ NurMungil/HD ]

Tags:
author

Author: