Menjelang Lebaran, Daging Busuk Beredar di Pasar

Menjelang Lebaran, Daging Busuk Beredar di Pasar

HarianDepok.com – Bisnis , Pada Jumat (03/07/2015) kemarin, petugas Dinas Kesehatan dan Peternakan Banjarnegara, Jawa Tengah telah menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke pasar-pasar tradisional yang ada di Banjarnegara. Salah satu sasaran sidak adalah daging sapi. Pasalnya sejak memasuki bulan Ramadan sampai menjelang Lebaran permintaan daging sapi cenderung meningkat. Ketika melakukan pemeriksaan secara acak, petugas berhasil menemukan daging yang sudah tidak segar sehingga tidak layak untuk di konsumsi.

“Secara fisik, warna daging sudah tidak cerah lagi, lalu baunya juga bau amis, dan bau busuk. kalau Itu dikonsumsi bahayanya akan menyebabkan penyakit, paling mudah adalah penyakit perut,” ujar Budhi Prihatmanto, salah satu Petugas Dinkes Banjarnegara. Sementara di Bandung, Jawa Barat, petugas Dinas Pertanian di dampingi oleh polisi memeriksa sebuah kontainer yang berisi daging sapi yang berada di pabrik es di Jalan Kebon Sirih, Kota Bandung.

Usai melakukan pemeriksaan, petugas mendapatan jika daging dalam kontainer tersebut sudah tidak layak untuk di konsumsi,  pasalnya disimpan tidak sesuai dengan ketentuan, yakni minus 10 sampai minus 20 derajat celcius. “Di sini hanya 18 derajat Celcius, ini sudah menyalahi ketentuan. Dan daging ini dicampur dengan daging segar dan daging busuk ini diperjualbelikan di sekitar kawasan sini,” ujar Kombes AR Yoyol , Kapolrestabes Bandung.

Kemudian Polisi pun langsung menyita kontainer tersebut untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut. Jadi, ada baiknya jika Anda harus benar-benar ebih teliti dalam memilih daging yang akan dibeli supaya tidak menjadi korban para pedagang nakal yang memanfaatkan momen menjelang lebaran untuk meraup keuntungan.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: