Tips Agar puasa Lancar Walau Kendarai Motor Setiap Hari

Tips Agar puasa Lancar Walau Kendarai Motor Setiap Hari

HarianDepok.com – OtoNews , Tidak dipungkiri jika saat sedang menjalani ibadah puasa, badan kerap terasa lemas karena kurangnya asupan energi pada siang hari ditambah lagi waktu tidur yang sedikit berkurang daripada hari biasa.Rasa lemas dan kantuk ini adalah salah satu momok untuk para pengendara sepeda motor pada saat sedang memacu kendaraannya di jalanan. Akibat kedua hal tersebut konsentrasi pun akan berkurang sehingga dapat menyebabkan risiko di perjalanan.

Sebab itu, berikut ada beberapa tips yang dapat dilakukan agar dapat  tetap bertenaga saat mengendarai motor walaupun tengah menjalankan ibadah puasa.

  1. Sahur dengan pola yang tepat dan benar

Lemas tidaknya tubuh saat menjalankan ibadah puasa juga dapat ditentukan dengan pola makan sahur Anda. Bila makan sahur dengan porsi terlalu sedikit, tidak heran jika perut akan kembali lapar di saat menjelang siang hari. Akan tetapi, sebaliknya jika makan sahur dengan porsi yang banyak, maka tenaga juga akan terkuras untuk mencerna makanan di lambung.

Sebab itu, bekali diri Anda dengan pola sahur yang tepat dan benar dengan mengurangi karbohidrat dan perbanyak lah mengonsumsi yang mengandung protein saat makan sahur supaya badan tetap bertenaga sepanjang hari. Tidak hanya itu, jangan lupa juga untuk minum 8 gelas air putih setiap hari walau dalam keadaan berpuasa dari pagi sampai sore hari.

  1. Perhatikan gaya berkendara

Benar, gaya berkendara juga memiliki pengaruh pada jumlah energi yang Anda keluarkan saat berada di atas sepeda motor. Baiknya memilih gaya berkendara santai dengan cara berangkat lebih awal supaya tidak tergesa-gesa di jalanan. Berkendara dengan mengebut lebih menyita konsentrasi dan juga mengakibatkan otot bekerja menjadi lebih keras sehingga energi yang dikeluarkan pun menjadi lebih banyak.

  1. Istirahat yang cukup

Tips ketiga ini memang terdengar sudah sangat awam, akan tetapi kurang tidur dapat berakibat buruk baik bagi kesegaran tubuh ataupun daya konsentrasi di siang hari. Maka dari itu jangan lah ragu-ragu untuk mengambil sedikit waktu untuk memejamkan mata saat usai shalat shubuh atau jam istirahat di siang hari supaya waktu tidur Anda setiap harinya tercukupi.

  1. Selalu mengecek kondisi motor

Kondisi motor yang prima tentunya tidak akan merepotkan si pengendara. Dengan melakukan pengecekan kondisi kendaraan secara rutin serta mengganti oli pada waktunya, maka motor akan selalu berada di kondisi yang prima. Sebaliknya jika motor tidak pernah dirawat, maka potensi untuk mogok di tengah jalan pun akan semakin besar. Tentunya Anda tidak mau mendorong motor kesayangan anda ke bengkel terkedat di tengah aktivitas puasa Anda cuma karena motor mogok akibat kurangnya perawatan.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok