Jelang Lebaran, Dinaskersos Depok antisipasi Gepeng

Jelang Lebaran, Dinaskersos Depok antisipasi Gepeng

HarianDepok.com – Berita , Banyaknya para Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) seperti pengemis, anak jalanan dan pengamen yang melakukan aksinya saat menjelang lebaran di beberapa kota besar di Indonesia saat ini menjadi satu persoalan yang harus segera mendapatkan penanganan yang cepat dari pemerintah pusat dan daerah agar tidak mengakar dan merugikan masyarakatnya dimanapun dan kapanpun.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, Pemerintah kota Depok sebagai salah satu pemegang peran penting dalam hal tersebut saat ini telah mengeluarkan beberapa larangan dan aturan mengenai kegiatan PMKS yang biasa terjadi di seluruh wilayah pengawasannya.

Tak hanya mengeluarkan larangan dan aturan mengenai larangan PMKS saja, pemerintah kota Depok pun melalui perangkat daerahnya hingga sampai saat ini terus menerus melakukan pengawasan dan penertiban bagi PMKS yang ketahuan masih melakukan aksinya di wilayah kota Depok.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kota Depok, Sadiah dalam keterangannya mengenai permasalahan tersebut mengatakan bahwa pihaknya saat telah berupaya keras untuk mencegah dan memberantas adanya aksi aksi PMKS yang melalukan aksinya di wilayah cakupannya dengan melibatkan Satuan Polisi Pamong Praja ( Satpol PP) sebagai eksekutornya dilapangan.

“Kami terus berupaya memberantas kegiatan para PMKS seperti mengemis, mengamen secara berkala yang bersinergi dengan Satpol PP di seluruh wilayah kota Depok. Ini merupakan upaya kami dalam menjadikan kota Depok yang Indah, nyaman dan terbebas dari adanya aksi aksi PMKS,” ujarnya di Depok, Rabu (01/07/2015).

Dari hasil penertiban yang dilakukannya sengan melibatkan Satpol PP sebagai eksekutornya dilapangan, para PMKS ini akan langsung dibawa dan didata di kantor Dinaskersos Kota Depok dan akan diberikan pembinaan terhadap mereka mereka para PMKS dengan landasan Peraturan Daerah Nomor 6 tahun 2012 tentang pembinaan dan pengawasan ketertiban umum.

Dirinya pun juga menghimbau kepada seluruh masyarakat kota Depok untuk ikut berpartisipasi dalam memberantas kegiatan PMKS dengan tidak melakukan pemberian sedekah berupa apapun terhadap para PMKS. “Kami harap masyarakat turut serta membantu kami dalam memberantas adanya kegiatan PMKS yang bisa merugikan orang lain dengan cara tidak memberikan uang atau apapun kepada para pengemis dan pengamen di jalan,” tuturnya.

Dengan adanya peran serta masyarakat dalam membantu mengatasi permasalahan tersebut, diharapkan suatu kota bisa bersih dan menjadi kota yang indah tanpa adanya kegiatan mengemis dan mengamen yang hingga kini banyak merugikan masyarakat.(Izl)

[MuhammadKhotib/Hd]

Tags: