Sindir Tuntutan Jaksa, Akil Minta Status Kewarganegaraannya Sekalian Dicabut

HarianDepok.com – Berita Nasional – Dalam tuntutannya kepada Akil Mochtar, jaksa KPK meminta agar hak-hak sang terdakwa dicabut selain hukuman seumur hidup. Eks Ketua MK itu pun menyindir permintaan jaksa, dia memohon agar status kewarganegaraannya sekalian dicabut.

“Sesungguhnya saya ingin bukan hanya dijatuhkan pencabutan hak memilih dan dipilih, tapi juga dijatuhkan hukuman terkait hak kewarganegaraan saya sebagai Warga Negara Indonesia,” kata Akil membacakan pledoi pribadinya di PN Tipikor, Jakarta, Senin (23/6/2014).

“Karena sesungguhnya dengan hukuman tambahan ini saya tidak punya arti apa-apa sebagai bagian dari bangsa Indonesia jadi saya juga meminta agar saya divonis agar kewarganegaraan saya sebagai WNI dicabut,” sambungnya.

Menurut Akil, tuntutan jaksa tersebut tidak relevan dengan cita-cita perjuangan bangsa. Permintaan jaksa itu, kata Akil juga bertentangan dengan UUD.

“Pidana tambahan mencabut hak-hak tertentu merupakan hukuman peninggalan kolonial yang tidak sesuai dengan cita-cita kemerdekaan karena mematikan hak-hak sipil warga negara dimana dijamin dalam UUD 1945 pasal 28 huruf b ayat 1,” tambah Akil.

 

 

[ADM/HD]

(Sumber :Detik.com)

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer