Disperindag Depok Gelar Kegiatan Inspeksi Makanan di ITC Depok

Disperindag Depok Gelar Kegiatan Inspeksi Makanan di ITC Depok

HarianDepok.com – Berita – Beji , Banyaknya makanan olahan tak layak konsumsi yang beredar di pasaran menjelang lebaran membuat seluruh jajaran pemerintah di Indonesia melakukan gerakan antisipasi dengan mengecek sejumlah pasar yang diindikasikan menjadi tempat peredaran makanan olahan yang tak layak konsumsi.

Tak beda halnya dengan kota Depok. Saat ini, Pemerintah kota Depok melalui instansinya saat ini tengah melakukan kegiatan pemeriksaan makanan yang dijual di pasar modern yang ada di kota Depok. Dalam kegiatan tersebut, pemerintah kota Depok juga mengajak serta pihak kepolisian kota Depok dalam melaksanakan kegiatan tersebut.

Dalam kegiatan inspeksi tersebut hadir juga pejabat pejabat tinggi kota Depok yang ikut serta dalam mengawasi jalannya inspeksi makanan yang dilakukan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) kota Depok. Beberapa nama pejabat daerah yang mengikuti jalannya inspeksi tersebut diantaranya adalah Walikota Depok, Nur Mahmudi Ismail dan Kapolresta Depok, AKBP Dwiyono.

Dari kegiatan inspeksi makanan tersebut, seluruh makanan jenis olahan seperti makanan kaleng, sosis, nugget, daging dan ikan diuji kelayakannya oleh Disperindag kota Depok guna mengetahui apakah makanan tersebut mengandung bahan berbahaya atau tidak.

Tak hanya menguji kelayakan makanan olahan, Disperindag pun juga melakukan pemeriksaan kadaluwarsa terhadap sejumlah makanan siap konsumsi dengan menggunakan alat alat khusus pendeteksi yaitu ‘Food Safety Kit’. Ini sengaja dilakukannya karena saat ini masih banyak pedagang nakal yang merubah tanggal kadaluwarsanya sendiri agar bisa dijual kembali ke konsumen.

“Saat ini kami sedang melakukan uji kelayakan  produk produk makananan yang kemungkinan produk produk itu menggunakan bahan berbahaya. Kami juga melakukan pengecekan terhadap sejumlah daging untuk diketahui tigkat kesegarannya,” terang Nur saat menghadiri kegiatan tersebut di ITC Depok, Kamis, (02/07/2015).

Dalam kegiatan tersebut, Nur juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap teliti dalam membeli makanan saat ini. “Jangan pernah tergiur oleh murahnya harga makanan. Cek dulu kelayakannya dan bagaimana kualitasnya, apakah baik atau tidak untuk dikonsumsi,” tuturnya.(Izl)

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: