BPOM kota Depok Akui Kewalahan Menghadapi Peredaran Tahu Berformalin di Kotanya

BPOM kota Depok Akui Kewalahan Menghadapi Peredaran Tahu Berformalin di Kotanya

HarianDepok.com – Berita – Cimanggis , Dalam mengantisipasi beredarnya tahu berbahan kimia berbahaya dikota Depok.  Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) kota Depok yang bekerjasama dengan pihak kepolisian kota Depok beberapa waktu lalu, berhasil menggerebek pabrik tahu berformalin yang berlokasi di Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

Dari hasil penggerebekannya tersebut, petugas berhasil mengamankan sejumlah barang bukti berupa 50 kilogram formalin bubuk siap pakai dan ribuan buah tahu yang mengandung bahan kimia berbahaya yang siap untuk didistribusikan ke sejumlah pasar di tiga kota besar di pulau Jawa yaitu Jakarta, Depok dan Bogor.

Tak sampai disitu saja, BPOM kota Depok pun juga kerap kali melakukan sidak kesejumlah pasar dan rumah makan yang beroperasi di Depok guna menangkal adanya bahan makanan berbahaya yang beredar luas di wilayahnya. Meski upaya tersebut sudah dilakukan dengan maksimal, namun masih saja tahu berformalin masih tetap ditemui di pasar pasar dan warung pengecer.

Kepala Seksi Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Sih Mahayanti mengatakan menjelaskan bahwa peredaran tahu berformalin yang beredar luas di wilayah kota Depok sangat sulit untuk disterilkan. Hal ini disebabkan oleh banyaknya pengrajin tahu berformalin yang berasal dari luar kota Depok.
Ini menyebabkan pihaknya menjadi kewalahan dalam menghadapi banyaknya tahu berformalin yang beredar dipasaran. “Kami kesulitan mencegah peredaran tahu tahu berformalin yang datang dari luar kota Depok. Meski sudah dilakukan upaya pencegahan, namun tahu tahu berformalin tetap saja ada” ujarnya.

Dirinya pun mengatakan, untuk memutus rantai peredaran bahan makanan berbahan zat kimia berbahaya ini perlu dilakukan kerjasama antara pemerintah daerah lainnya untuk dapat bersama sama melakukan tindakan preventif dan memberikan sanksi tegas kepada para pengrajin tahu nakal yang masih melakukan usahanya dengan menggunakan bahan kimia berbahaya tak layak konsumsi.

Di kota Depok sendiri, untuk mencegah adanya peredaran tahu berbahan kimia berbahaya saat ini sudah melakukan kerjasama dengan kecamatan guna bersinergi memberantas adanya peredaran tahu berbahaya.(Izl)

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)