Kebijakan BPJS Ketenagakerjaan, Dana JHT Bisa Cair Setelah 10 Tahun Kerja

Kebijakan BPJS Ketenagakerjaan, Dana JHT Bisa Cair Setelah 10 Tahun Kerja

HarianDepok.com – Bisnis , Saat ini bagi anda yang telah bekerja selama lima tahun dan berencana  ingin mencairkan dana Jaminan Hari Tua (JHT) mungkin harap bersabar dulu. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan telah mengubah syarat pencairan JHT dari yang senbelumnya hanya lima tahun kini menjadi sepuluh tahun. Jadi, JHT kali ini tidak lagi bisa dicairkan dalam tenggat wktu lima tahun plus satu bulan seperti saat BPJS masih bernama Jamsostek. Setelah resmi menjadi BPJS Ketenagakerjaan, dana JHT baru akan bisa cair bila Anda sudah bekerja selama 10 tahun.

Seperti yang dikutip dari situs Resmi BPJS Ketenagakerjaan, Rabu (01/07/2015), “Sesuai dengan UU No 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional Pasal 37 Ayat 1-5. Berkenaan dengan Peraturan Pemerintah (PP) yang telah dikeluarkan pada bulan Juli 2015, maka untuk ketentuan program Jaminan Hari Tua berlaku untuk masa kepesertaan 10 tahun,”. Dalam pengumuman diatas ada juga pemberitahuan tambahan, untuk persiapan hari tua, saldo yang bisa diambil cuma 10 persen dan untuk pembiayaan perumahan saldo yang bisa diambil cuma 30 persen.

Pengambilan semua saldo JHT hanya bisa dilakukan setelah berusia 56 tahun, cacat, atau meninggal dunia. Pengumuman tersebut juga terpampang di depan kantor BPJS Ketenagakerjaan cabang Fatmawati, Jakarta Selatan. Seperti yang dikutip dari detik.com, pengumuman tersebut cuma ditulis di selembar karton yang ditempel menggunakan pita perekat plastik. Pengumuman tersebut dipajang di depan gedung, dan di bagian halaman gedung.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags:

One Response

  1. author

    andre2 years ago

    Klw buat peraturan pakai otak…kami buruhpun sulit ambil uang hasil keringat kami sendiri..pemerintahan sekarang makin parah aja..

    Reply

Leave a Reply