Tumpukan Sampah Kini Menghiasi Bantaran Kali Baru Kota Depok

Tumpukan Sampah Kini Menghiasi Bantaran Kali Baru Kota Depok

Foto – Vivanews.com

HarianDepok.com – Berita – Cilodong , Pemerintah kota Depok dalam menanggulangi kebersihan dikotanya saat ini terus berupaya mengajak serta para tokoh tokoh masyarakat dan warga kota Depok untuk dapat berpartisipasi menjaga lingkungan kota Depok agar selalu bersih dan bebas dari adanya tumpukan sampah.

Tak hanya menggandeng dua elemen tersebut, Pemerintah kota (Pemkot) Depok pun juga mengajak beberapa perangkat keamanan negara untuk menjadikan kota Depok yang ramah akan lingkungan dan sehat. Beberapa perangkat keamanan negara yang digandeng oleh Pemkot Depok saat ini diantaranya adalah, Kepolisian Kota Depok dan Kesatuan Tentara Nasional setempat.

Tak hanya Pemerintah Kota Depok saja yang ingin menjadikan lingkungan kota Depok agar menjadi bersih dari sampah, Komunitas Pecinta Ciliwung juga ikut andil didalamnya. Dengan adanya partisipasi oleh seluruh elemen masyarakat tersebut, diharapkan kota Depok bisa menjadi kota penunjang Ibukota yang sarat akan keindahan, kebersihan dan ramah lingkungan.

Meski berbagai upaya yang telah diusahakan oleh Pemerintah Kota Depok, namun tumpukan sampah liar masih saja ditemui. Di bantaran Kali Baru, Sukamaju Baru, Depok, Jawa Barat, masih terlihat adanya tumpukan sampah yang menghiasi sepanjang bantaran kali. Selain menimbulkan bau yang tak sedap, tumpukan sampah tersebut bisa menjadi pemicu terjadinya banjir.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Dinas Kebersihan dan Pertamanan kota Depok berjanji untuk segera membenahi tumpukan sampah yang ada di sepanjang bantaran Kali Baru. Tak hanya itu saja, Dinas Kebersihan pun juga akan memberikan himbauan dan sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnta menjaga kebersihan saluran air.

“Kami akan segera menangani tumpukan sampah sampah ini. Dan kami juga akan secepat mungkin mencegah perluasan sampah di bantaran Kali Baru dengan mensosialisasikan pentingnya akan menjaga kebersihan kepada masyarakat,” terang Kepala Sub Bagian Umum Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Depok, Imam Panjuju kepada wartawan, Selasa (30/06/2015).

Menurut pengakuannya, bahwa penanganan kebersihan yang telah dilakukan oleh Dinasnya sudah terbilang sangat baik. Namun karena masih rendahnya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan menjadikan hal tersebut, menjadikan saluran air yang ada di kota Depok kembali lagi menjadi pembuangan sampah rumah tangga liar.

“Kami terus berupaya memberikan himbauan dan penyuluhan kepada masyarakat untuk dapat memaksimalkan perannya sebagai warga kota Depok yang peduli dengan kebersihan lingkungan,” ujarnya.

Tak sampai disitu saja, dirinyabpun mengaku juga telah memberikan instruksi kepada masyarakat untuk dapat memilah sendiri sampahnya sehingga bisa bernilai ekonomi yang baik. Namun semua itu akan terasa sia sia saja jika dukungan masyarakat terhadap pentingnya menjaga kebersihan lingkungan tidak ada.

Demi menjadikan kota Depok yang bersih dari tumpukan sampah liar, pihaknya pun berjanji akan menindak tegas para pelaku pembuang sampah liar yang ketahuan melakukan aksinya di lingkungan kota Depok.

Dinas Kebersihan dan Pertamanan kota Depok pun hingga sampai saat ini terus berupaya memberikan himbauan kepada seluruh masyarakat dengan memasang spanduk yang berisi tentang larangan buang sampah sembarangan serta sanksi sanksinya. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat tahu dan jera untuk tidak lagi membuang sampahnya sembarangan.(Izl)

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)