Terdapat 74 Korban Tewas Akibat Insiden Pesawat Hercules Jatuh di Medan

Terdapat 74 Korban Tewas Akibat Insiden Pesawat Hercules Jatuh di Medan

foto : liputan6.com

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Akibat jatuhnya sebuah pesawat transportasi militer berjenis Hercules C-130 di kawasan permukiman warga Medan, Sumatra Utara yang terjadi pada hari Selasa (30/06/2015) sekitar pukul 12.00 siang itu menimpa dua unit rumah dan sebuah hotel. Para pejabat Indonesia pun menyatakan, ada sedikitnya 74 korban tewas  Jika dilihat dari beberapa foto yang beredar di media sosial menampakan jika pesawat tersebut terbakar hingga keluar asap hitam pekat mengepul ke udara dari rumah-rumah yang rusak serta mobil-mobil yang hancur.

Diperkirakan jumlah korban tewas akan bertambah. Para media beserta pejabat setempat menyatakan, terdapat 113 orang yang berada dalam pesawat AU Indonesia itu. Menurut yang dikatakan seorang juru bicara militer, setelah beberapa menit lepas landas dari pangkalan udara di dekatnya, pesawat turboprop bermesin empat itu kemudian terjatuh. Menurut yang dikabarkan media setempat, pesawat tersebut tengah mencoba kembali ke bandara karena mengalami gangguan teknis yang tidak mau disebutkan.

Tim penyelamat pun hingga harus menggunakan mesin-mesin berat untuk memindahkan puing-puing dari pesawat Hercules C–130, mereka pun merambah keping-keping bangunan yang hancur karena tertabrak oleh pesawat tersebut. Menurut Marsekal Dwi Badarmanto selaku juru bicara angkatan udara menyebutkan, sejauh ini baru 74 jasad yang sudah ditemukan. Ia juga mengatakan, terdapat sekitar 30 korban tewas yang sudah diidentifikasi, termasuk jasad personil angkatan udara beserta anggota-anggota keluarga mereka.

Ia mengatakan, hanya ada sedikit harapan untuk dapat menemukan korban yang selamat. Menurut Marsekal Agus Supriatna yang juga merupakan Kepala Angkatan Udara menyebutkan, sebelumnya  pilot sudah memberitahu menara pengawas jika pesawat harus kembali karena mengalami masalah mesin. “Pesawat jatuh saat belok ke kanan ketika hendak kembali ke bandara,” ucapnya. Ia pun menambahkan, bahwa dalam insiden tersebut juga terdapat 17 personel militer di dalam pesawat.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok