12 Prajurit Jadi Korban Pesawat Hercules TNI AU Yang Jatuh di Medan

12 Prajurit Jadi Korban Pesawat Hercules TNI AU Yang Jatuh di Medan

ilustrasi

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Pesawat angkut milik TNI AU berjenis Hercules dikabarkan jatuh di kawasan Kelurahan Simalingkar B, Kecamatan Medan Tuntungan, Kota Medan, Sumatera Utara, pada hari ini, Selasa (30/06/2015). Jatuhnya pesawat angkut militer ini lokasinya persis di dekat Pangkalan Udara (Lanud) Soewondo, bekas Bandara Polonia Medan. Hingga sekarang penyebab jatuhnya pesawat tersebut belum diketahui. Dan sampai saat ini, masih terus melakukan proses evakuasi untuk mencari korban yang masih selamat.

Menurut Guntur, salah  seorang warga sekitar, ketika berada di dalam rumahnya di Jalan Pales,  saat itu ia kebetulan melihat kejadian tersebut.  Ia melihat pesawat Hercules tersebut menukik ke daerah perumahan. Sementara menurut Agus Supriyatna, selaku Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal mengungkapkan, peswat Hercules C130 yang jatuh di Medan itu tengah mengangkut 12 orang.  Seperti yang dikutip dari Detik.com, Selasa (30/06/2015),-

Korban yang ada di dalam pesawat tersebut terdiri dari tiga penerbang, satu orang navigator serta delapan orang teknisi.”Ada 12 kru, terdiri dari tiga penerbang, satu navigator dan delapan teknisi,” ujar Agus. Berikut adalah 12 nama prajurit yang terdapat di dalam pesawat.

Awak pesawat:

  1. Kapten Sandy Permana (Pilot)
  2. Letnan Satu Pandu Setiawan (Kopilot)
  3. Letnan Dua Dian Sukma (pilot cadangan)
  4. Kapten Riri Setiawan (navigator)

Teknisi :

  1. Pembantu Letnan Satu Ibnu Kohar
  2. Sersan Mayor Bambang
  3. Pembantu Letnan Satu Andik
  4. Pembantu Letnan Satu Ngateman
  5. Pembantu Letnan Dua Parijo
  6. Pembantu Letnan Satu Yahya Komari
  7. Pembantu Letnan Dua Alvian
  8. Pembantu Letnan Dua Agus Pur

Data didapatkan dari Skadron Udara 32 Lanud Abd Saleh, Malang.

Sampai saat ini Rumah Sakit Adam Malik baru menerima lima jenazah korban jatuhnya pesawat ini. Sedangkan beberapa korban lainnya tengah menjalani perawatan intensif di ruang gawat darurat (UGD). Sebagai otoritas transportasi, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sebelumnya telah melaporkan bahwa pesawat Hercules C-130 yang dioperatori oleh TNI Angkatan Udara (AU) dengan nomor registrasi A1310, sesaat sebelum terjatuh sempat meminta izin untuk kembali ke Lapangan Udara Suwondo, Medan.

Sekitar pukul 11.48 WIB, Pesawat Hercules C-130 lepas landas dari landasan pacu 23 Pangkalan Udara Suwondo, Medan. Menurut JA Barata, selaku Kepala Pusat Komunikasi Kementerian Perhubungan mengatakan, pesawat tersebut berangkat dari Medan menuju Pangkal Pinang. “Ketika akan ditransfer ke Medan Approach Control (APP), pilot sempat request return to base (RTB),” ucap Barata. Kemudian Pesawat belok ke arah kanan dan terjadilah benturan sebelum adanya kontak dengan menara pengawas Medan.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok