Arti Zikir Sesungguhnya Menurut Linda O’ Riordan

Arti Zikir Sesungguhnya Menurut Linda O' Riordan

HarianDepok.com – Kesehatan , Tidak hanya doa, salah satu prinsip tasawuf dalam teknik penyembuhan diri ialah dengan dengan melakukan zikir. Zikir biasanya dilakukan dengan bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Tuhan lewat melantunkan lafaz-lafaz zikir dan doa. Menurut buku Seni Penyembuhan Sufi, karangan Linda O’ Riordan, R. N, menyebutkan, zikir adalah sebuah proses pelepasan, pembersihan dan pemurnian hati. Zikir orang-orang terpilih bertujuan untuk meleburkan saksi (syahid) terhadap yang disaksikan (Masyhud), atau disolusi seseorang kepada yang dicintai.

kalimat sufi, atau Zikir secara harfiah berarti mengingat. Lagu pengingat atau lagu cinta ini dapat menyatukan diri kita dengan asal usul kita yang tidak terbatas. Prof. Angha seorang ahli penyembuhan sufi menggambarkan zikir sebagai langkah dalam mencinta. “Jika kita mencintai seseorang, kita akan terus mengulang namanya, memikirkannya,dan  mengingatnya. Pada umumnya, para sufi mengulang-ngulang kalimat tauhid seperti Laa ilaaha illa Allah (Tiada tuhan Selain Allah).

Kalimat ini diulang terus menerus dengan nada musikal yang bervariasi,” tutur Angha. Zikir dipimpin oleh seorang pelantun yang biasanya seperti orang yang melantunkan puisi dari orang-orang bijak maupun pemimpin spiritual yang diikuti oleh pengikutnya. Jika zikir terus dilakukan, maka akan tercipta sebuah medan elektromagnet yang kuat dengan penggabungan suara, gerak dan niat (mengingat yang Tercinta), serta berkonsentrasi di dalam hati. Supaya penyembuhan sejati muncul,

para Nabi pun sudah mengimbau agar seseorang cepat bisa memahami segala aspek mengenai munculnya diri sendiri, baik secara fisik, mental, spiritual dan emosi.  Gerakan yang tidak terbatas dalam hati dan tubuh akan menyatu selaras dengan gerakan bumi, sistem matahari, galaksi dan semua alam kosmis. Zikir inilah yang merupakan pintu gerbang menuju batas waktu dan ruang menuju dunia yang lebih tinggi. Lagu pengingat ini pun merupakan amalan sufi yang sudah dipraktikan lebih dari 14 abad.

[ NurMungil/HD ]

Tags:
author

Author: