Status Gunung Raung Siaga, Diprediksi 4 Kabupaten di Jatim Akan Terkena Erupsi

Status Gunung Raung Siaga, Diprediksi 4 Kabupaten di Jatim Akan Terkena Erupsi

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Menurut Sudarmawan, selaku Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur menyebutkan bahwa terdapat 4 kabupaten di Jawa Timur (Jatim) yang diperkirakan akan terkena dampak jika terjadi aktivitas erupsi Gunung Raung. Ia mengatakan bahwa status gunung yang memiliki tinggi 3.332 meter di atas permukaan laut (MDPL) yang terletak di Kabupaten Bondowoso ini jadi meningkat dari Waspada ke Siaga.

“Jika Gunung Raung erupsi maka akan ada beberapa wilayah yang terkena dampak, seperti Kabupaten Banyuwangi ada 5 kecamatan dan 18 desa. Sementara kabupaten Bondowoso ada 2 kecamatan dan 4 desa. Kemudian Kabupaten Jember ada 1 kecamatan dan 3 desa,” ujar Sudarmawan, Senin (29/06/2015). Ia melanjutkan, sedangkan untuk Kabupaten Banyuwangi terdapat penduduk sebanyak 115.878 jiwa yang nyawanya terancam.

Sementara Kabupaten Bondowoso terdapat 1.836 jiwa. Lalu Kabupaten Jember terdapat 21.668 jiwa. “Total jumlah penduduk sebanyak 139.382 jiwa yang masuk dalam kontigensi plan. Saat ini kami pun sudah menyiapkan 33 titik jalur evakuasi atau shelter di sejumlah desa yang terkena dampak,” ujarnya. Sudarmawan pun menyarankan agar masyarakat di sekitar Gunung Raung untuk tidak mendengarkan rumor-rumor mengenai letusan gunung tersebut dan tetap tenang.

Masyarakat di imbau hanya untuk mendengarkan informasi resmi. Hingga sekarang Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) kerap berkoordinasi dengan Pemprov Jatim (BPBD) serta Pemkab Banyuwangi, Bondowoso dan Jember (BPBD kabupaten) tentang aktivitas Gunung Raung. “Pemda selalu melakukan koordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Raung yang terdapat di Kampung Manggaran, Desa Sumber Arum, Kecamatan Songon, Kabupaten Banyuwangi serta dengan Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi di Bandung,” tuturnya.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok